Adu Tangguh AFC 8x8 : Pandur Pindad vs PARS Alpha FNSS, Dua Ranpur Canggih Indonesia dan Turki 2024

- 25 Februari 2024, 09:38 WIB
AFC 8x8 Pandur buatan PT Pindad Indonesia Bandung.
AFC 8x8 Pandur buatan PT Pindad Indonesia Bandung. /dok PT Pindad

DESKJABAR – Penggunaan Armoured Fighting Vehicle (AFC, kendaraan angkut tempur) 8x8 di dunia menjadi salah satu kebutuhan militer dunia saat ini. Indonesia melalui industri pertahanan PT Pindad Bandung juga sudah munculkan AFC 8 x 8, bernama Pandur.

AFC 8x8 Pandur buatan Pindad Indonesia masih merupakan produk baru di Pindad diproduksi di Kiaracondong, Bandung yang belum jadi produk massal. Kehadiran Pandur, membuat kompetisi AFC di dunia kelas 8x8 menjadi ramai, dengan karakteristik sekelas dengan PARS Alpha buatan FNSS Turki.

AFC merupakan kendaraan tempur multiguna lapis baja angkut personel menggunakan ban karet, dengan turret bersenjatakan kanon otomatis 30 mm atau 40 mm ditambah senapan mesin. Kendaraan AFC memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap ranjau, IED, ancaman KE, dan proyektil artileri.

Ada pun 8x8, merupakan kode bagi AFC menggunakan delapan roda penggerak dengan delapan whell drive. Ini menunjukan 8x8 merupakan kendaraan angkut tempur yang memiliki kemampuan medan kelas berat, sedangkan 6x6 pada medan lebih ringan.

 Baca Juga: Adu Hebat ACV 6x6 : Badak Pindad dan PARS III FNSS, Ada Perbandingan Keunggulan

Inilah perbandingannya

Ada perbandingan kendaran tempur AFC 8x8 antara Pandur buatan Pindad Indonesia dengan PARS ALPHA buatan FNSS Turki. Kedua AFC ini memiliki karakteristik yang terindikasi cepat populer pada wilayah regional masing-masing negara di Asia Tenggara dan kawasan Eropa tenggara serta Timur Tengah.

Mengapa hanya diperbandingan dengan buatan Turki, ini lebih disebabkan kedekatan hubungan Pindad Indonesia dengan FNSS Turki dalam kemitraan produksi kendaraan lapis baja, termasuk tank.

Tetapi, masing-masing poduk diciptakan lebih disesuaikan dengan kebutuhan sendiri, antara Indonesia dan Turki, termasuk Pandur Pindad dan PARS ALPHA. Tetapi, bisa saja kedua produk ini diminati oleh sejumlah negara yang mengincar kelebihan dan kesesuaian masing-masing produk.

AFC 8x8 PARS ALPHA buatan FNSS Turki
AFC 8x8 PARS ALPHA buatan FNSS Turki dok FNSS Turki

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah