Adu Hebat ACV 6x6 : Badak Pindad dan PARS III FNSS, Ada Perbandingan Keunggulan

- 18 Februari 2024, 09:52 WIB
ACV 6x6, Badak Pindad Indonesia (kiri) dan PARS III FNSS Turki (kanan), ada perbandingan keunggulan.
ACV 6x6, Badak Pindad Indonesia (kiri) dan PARS III FNSS Turki (kanan), ada perbandingan keunggulan. /kolase dok PT Pindad dan FNSS

DESKJABAR – Penggunaan ACV (armoured combat vehicle/kendaraan lapis baja tempur) merupakan salah satu kebutuhan modern. Di dunia, kendaraan tempur jenis ACV yang dominan digunakan, adalah menggunakan meriam kaliber 90 mm dengan roda penggerak 6x6.

Pada ACV kelas meriam kaliber 90 mm, Indonesia dan Turki punya prospek bagus pasarnya.  Indonesia melalui PT Pindad Bandung sudah memproduksi ACV bernama Badak. Namun negara lain, juga memproduksi ACV sekelas, yaitu PARS III buatan FNSS Turki.

Produksi peralatan militer secara mandiri terus berkembang pada banyak negara, sebagai upaya menghindari ketergantungan produk impor dan pengaruh geopolitik. Indonesia dan Turki menjadi negara yang terus tumbuh produksi peralatan militer pada wilayah masing-masing.

Baca Juga: Pindad AM1, Bisa Jadi Andalan Baru Senjata TNI, Saingi M4 Amerika

Kelengkapan tempur

Diantara peralatan militer yang punya prospek bagus oleh Indonesia dan Turki adalah ACV 6 x 6, dimana yang menjadi perhatian adalah Badak dan PARS III. Walau produksinya disesuaikan kebutuhan masing-masing negara, tetapi ada perbandingan keunggulan.

Ada kesamaan, dimana pada ACV Badak dan PARS III sama-sama dioperasikan tiga personel (dua pada turret dan seorang pengemudi). Juga menggunakan senjata pendukung berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, disamping senjata utama meriam kaliber 90 mm. Juga sama-sama bisa menahan ledakan ranjau darat.

Nah inilah perbandingan keunggulan Badak Pindad dan PARS III FNSS.

Badak Pindad, menggunakan mesin diesel 340 HP dilengkapi turbo charger intercooler. Badak Pindad memiliki top speed 80 km/jam dengan daya jelajah sejauh 600 km.

Bagian ruang pengemudi juga dilengkapi periskop melingkar, sebagai pengamanan dari ancaman terkena tembakan. Tetapi bagian periskopnya khusus untuk hanya pengemudi, sedangkan periskop untuk komandan ada pada bagian turret.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah