Pindad AM1, Bisa Jadi Andalan Baru Senjata TNI, Saingi M4 Amerika

- 17 Januari 2024, 10:55 WIB
Tampilan senjata senapan serbu AM1 buatan PT Pindad Bandung.
Tampilan senjata senapan serbu AM1 buatan PT Pindad Bandung. /dok Pindad

DESKJABAR – Produksi senjata ringan yang dilakukan industri pertahanan PT Pindad Bandung terus beragam model dan kegunaannya. Adalah senapan serbu AM1 buatan Pindad Bandung yang berpotensi menjadi andalan baru militer Indonesia atau TNI dan negara lain berminat.

Dari sosoknya, senjata AM1 tergolong mirip keluarga M4 yang menggunakan basic M16 produksi Colt Amerika. Bahkan, kini banyak varian senjata sejenis dengan model mirip M4, misalnya HK416 buatan Jerman, serta PC816 produksi bersama Pindad dan Caracal Uni Emirat Arab.

Sebenarnya, senjata berbasic M4, termasuk AM1, HK416, dan PC816 cenderung merupakan karaben otomatis dan sama-sama menggunakan peluru kaliber 5,56 mm x 45 dngan standar peluru 30 butir per magasen. Sebab, panjang laras dan keseluruhan senjata disebutkan tadi, yaitu jenis karaben lebih pendek dibandingkan senapan.

Baca Juga: PC 816 V1 Pindad Bandung, Pesaing HK416 Jerman dan M4 Amerika, Calon Senjata Baru TNI

Gambaran kemampuan

Munculnya senjata AM1 yang dibuat Pindad, boleh dikatakan out of the box, dari model tradisinya yaitu keluarga merek SS dan basic model FN FNC Belgia. AM1 cenderung memiliki sosok sepintas mirip kelas M4 khas buatan Amerika, tepatnya keluarga M16 buatan Colt yang juga diproduksi oleh FN Belgia.

Senjata karaben otomatis pada kelas M4 dan aneka variannya, kini sedang populer sejak banyak digunakan pasukan Amerika pada Perang Irak tahun 2003-2011. Senjata M4 dinilai lebih ringkas untuk operasional ruangan terbatas, dan jarak tembak efektif lebih jauh yaitu 300-500 meter dengan jangkauan 3.600 meter.

Setelah itu, Jerman memproduksi HK416 yang juga kemudian digunakan pula oleh pasukan Amerika, kemudian Uni Emirat Arab memproduksi C816 yang kemudian muncul produksi Pindad yaitu PCC816, bersamaan dengan AM1 buatan Pindad.

 Baca Juga: Senjata Baru Polisi Buatan Pindad Sudah Dipakai, Muncul pada Film di Polres Garut

Informasi dari Humas Pindad kepada DeskJabar, di Bandung, Rabu, 17 Januari 2024, menyebutkan, sejauh ini produksi senjata AM1 masih berupa prototype. Sejauh ini, belum ada gambaran jelas, apakah AM1 bakal diminati oleh militer Indonesia atau tidak.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah