Kisah Inspiratif 2 Perempuan Pengusaha Sukses Jalankan Bisnis Ramah Lingkungan

- 20 April 2024, 17:45 WIB
Tangkapan layar - Narasumber dalam Konferensi Pers Daring 'Tokopedia dan TikTok Bagi Kisah Inspiratif Kartini Jaga Bumi' yang dipantau di Jakarta, Jumat 19 April 2024.
Tangkapan layar - Narasumber dalam Konferensi Pers Daring 'Tokopedia dan TikTok Bagi Kisah Inspiratif Kartini Jaga Bumi' yang dipantau di Jakarta, Jumat 19 April 2024. /ANTARA/HO-Tokopedia/

 

DESKJABAR - Ini kisah inspiratif 2 perempuan pengusaha pengguna layanan lokapasar Tokopedia yang sukses menjalankan biinisnya. Dia membagikan pengalaman menjalankan inisiatif usaha ramah lingkungan dalam upaya membangun bisnis yang berkelanjutan.

Amanda, salah satu pendiri Klandizie, menyampaikan bahwa perusahaannya menerapkan prinsip usaha berkelanjutan dan nol sampah dalam bisnis produk perawatan tubuh dan kebutuhan sehari-hari.

Amanda menjelaskan bahwa perusahaannya membuat produk perlengkapan kebersihan tubuh seperti sikat gigi dan sisir dari bambu yang menurut hasil riset aman digunakan dan ramah lingkungan.

Menurut dia, Klandizie juga selalu berupaya keras mengurangi penggunaan bahan plastik yang susah terurai dalam pengemasan produk-produknya.

Baca Juga: Indonesia Siap Pimpin Pertemuan WWF Ke-10 di Bali, Usung 3 Misi Tata Kelola Air

Baca Juga: Tragis, Pelajar di Sukabumi Meninggal Saat Ikut Seleksi Paskibra

"Kita sadar telah menghasilkan banyak sampah. Untuk itu makanya perlu mengurangi dengan menggunakan bahan alternatif atau yang bisa didaur ulang. Tidak usah terlalu banyak memakai plastik," kata Amanda dalam konferensi pers virtual bertajuk Tokopedia dan TikTok Bagi Kisah Inspiratif Kartini Jaga Bumi di Jakarta, Jumat 19 April 2024.

Amanda menambahkan, Klandizie memberdayakan para perajin dari Bandung, Cimahi, dan Banten dalam upaya membangun bisnis yang ramah lingkungan.

Konsistensi Klandizie yang dibangun tahun 2017 dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, menjadikannya sebagai pemenang kompetisi Hijaukan Toko Tokopedia Hijau pada 2022.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah