Inilah Pesawat Langka yang Masih Ada di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Buruan Penghobi Penerbangan

- 20 September 2023, 07:58 WIB
Pesawat MD-83 di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang
Pesawat MD-83 di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang /YouTube Leonardo Edwin

DESKJABAR – Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, menjadi salah satu tempat melihat keragaman pesawat perusahaan penerbangan internasional dan nasional. Bahkan, di bandara ini masih ada pesawat model langka, jadi buruan penghobi penerbangan.

 

 

Adalah pesawat MD82 dan MD83, yang dikenali berupa pesawat jet komersil bermesin dua dengan lokasi di buritan. Pesawat MD82 dan MD83 di Indonesia diketahui digunakan oleh perusahaan penerbangan swasta, Airfast Indonesia yang juga berada di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Penampakan pesawat MD82 dan MD83 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, jika kebetulan sedang beruntung melihatnya, ada di rute Terminal 1. Pengenal ikoniknya adalah livery warna putih dengan warna kuning di bagian ekor pesawat tersebut, yang merupakan pengenal Airfast Indonesia.

 Baca Juga: Ada Pesawat Legendaris Milik Garuda Indonesia, Masih Nongkrong di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Pernah banyak di Indonesia

Penggunaan pesawat MD82 dan MD83 pernah cukup banyak digunakan di Indonesia pada sekitar tahun 2003-2005. Saat itu, pengguna pesawat MD82 dan MD83 paling populer adalah Lion Air dan Airfast Indonesia.

Pada masa kini, sosok pesawat MD82 dan MD83, sudah langka  dibandingkan popularitas pesawat-pesawat generasi masa kini, seperti Airbus A320 dan Boeing 737-800. Bagi masyarakat senior Indonesia, sosok pesawat MD82 dan MD83, akan mengingatkan pendahulunya dengan bentuk mirip, yaitu DC-9, Fokker F-28 dan F-100, tetapi ada juga berikutnya yaitu MD-90.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah