Cegah DBD di Kota Bandung, Kemenkes Perluas Pelepasan Nyamuk Ber-Wolbachia di Ujungberung

- 1 April 2024, 05:45 WIB
Ilustrasi - Telur nyamuk ber-Wolbachia yang akan dilepaskan empat kelurahan di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat.
Ilustrasi - Telur nyamuk ber-Wolbachia yang akan dilepaskan empat kelurahan di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat. / ANTARA/HO-Kemenkes/

DESKJABAR - Dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas uji coba pelepasan nyamuk ber-Wolbachia pada empat kelurahan di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Laporan Kemenkes menyebutkan, hingga pekan ke-10 tahun 2024, Kota Bandung merupakan kota dengan kasus DBD tertinggi di Indonesia mencapai 1.301 kasus dan kematian yang cukup tinggi mencapai tujuh jiwa.

Selain empat kelurahan baru di Ujungberung, Kemenkes juga akan menyasar satu kecamatan lainnya di Kota Bandung yang memiliki kasus Dengue tertinggi sebagai perluasan lanjutan pelepasan nyambuk ber-Wolbachia.

"Rencana timeline di tahun 2024 ini Kota Bandung nanti akan dirilis di empat kelurahan lainnya di Kecamatan Ujungberung," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi dikonfirmasi di Jakarta, Minggu 31 Maret 2024

Baca Juga: Ledakan Gudang Amunisi Kodam Jaya Timbulkan Trauma Pada Anak, Warga Kompak Menyatakan Sikap

Baca Juga: Gugatan 01 dan 03 di MK Sangat Tidak Masuk Akal, Politikus Golkar: MK Harus Menolak

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Kecamatan Ujungberung mempunyai luas wilayah 1.035,411 hektare, dengan jumlah penduduk 67.144 jiwa.

Kecamatan Ujungberung terbagi atas 7 kelurahan, yaitu Kelurahan Pasir Endah, Kelurahan Cigending, Kelurahan Pasir Wangi, Kelurahan Pasir Jati, Kelurahan Pasanggrahan, Kelurahan Ujungberung, dan Kelurahan Cisaranten Wetan.

Dikatakan Imran, perluasan uji coba pengendalian Dengue di Ujungberung telah melalui penetapan nota kesepakatan antara Kemenkes dan Pemkot Bandung pada 18 Maret 2024.

Hingga saat ini, kata Imran, baru satu kelurahan di Kecamatan Ujungberung yakni Pasanggrahan telah melaksanakan penyebaran nyamuk ber-Wolbachia sejak akhir 2023.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x