TOL Dalam Kota Bandung akan Dibangun Tahun 2024, NS Link Masuk Daftar PSN dengan Skema Inisiatif Swasta

- 15 Mei 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi. Inilah rencana pembangunan jalan tol dalam kota Bandung atau BIUTR, yang akan menghubungkan Tol Pasteur hingga Cileunyi.
Ilustrasi. Inilah rencana pembangunan jalan tol dalam kota Bandung atau BIUTR, yang akan menghubungkan Tol Pasteur hingga Cileunyi. /Facebook PRFM/

DESKJABAR – Ditengah belum ada kejelasan pelaksanaan lelang proyek Tol Getaci yakni Tol Gedebage hingga Ciamis, ada perkembangan baru tentang Tol Dalam Kota Bandung. Perkembangan terbaru menyebutkan Tol Dalam Kota Bandung rute Pasteur-Cileunyi akan mulai dibangun pada tahun ini.

Sementara proyek jalan tol dalam kota Bandung lainnya yakni NS Link atau Nort-South Link akhirnya masuk daftar Program Strategis Nasional (PSN), yang diharapkan juga akan segera dibangun.

Baca Juga: ADA Investor Dilarang Ikut Tender Proyek Tol Getaci Tol Gedebage Ciamis, Siapakah Gerangan?

Kabar baru rencana pembangunan Bandung Urban Intra Toll Road (BIUTR)atau tol dalam Kota Bandung ini dikemukakan Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, pada Selasa 14 Mei 2024 di Jakarta.

Susiwijono mengemukakan Tol Dalam Kota Bandung  yang akan dibangun adalah BIUTR dan NS Link . Keduanya masuk dalam dokumen rekapitulasi aturan PSN dimana pembangunan jalan tol dalam Kota Bandung yang mencangkup BIUTR dan NS Link.

Dia mengatakan bahwa tol dalam Kota Bandung ini direkomendasikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya pada 28 Februari 2024, Pemprov Jabar yang dipimpin Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin, mendatangi Kementerian PUPR di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Menteri PUPR Basuki menyatakan tetap komitmen pada pembangunan 5 proyek di Jabar, di antaranya adalah pembangunan 2 jalan tol yakni Tol Getaci dan tol dalam kota Bandung.

Proyek Tol Getaci sendiri saat ini masuk persiapan prakualifikasi dan akan masuk tahap lelang atau tender pada tahun ini juga.

Sementara itu, mengutip dari laman kementerian PUPR pada Desember 2023, bahwa proyek tol dalam kota Bandung termasuk di antara 6 proyek jalan tol yang akan dilelang pada tahun 2024, selain Tol Getaci dan Tol Akses Patimban, Subang.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah