KEMENTERIAN AGAMA Minta Masyarakat Cek Ulang Arah Kiblat pada 27 dan 28 Mei, Ada Apa Gerangan?

- 15 Mei 2024, 14:00 WIB
Kemenag meminta umat Islam untuk mengecek ulang arah kiblat pada 27 dan 28 Mei 2024. Ada apa gerangan?
Kemenag meminta umat Islam untuk mengecek ulang arah kiblat pada 27 dan 28 Mei 2024. Ada apa gerangan? /google play/

 

DESKJABAR – Masyarakat di Indonesia, terutama umat Islam, diminta untuk mengecek  ulang arah kiblat pada tanggal 27 dan 28 Mei 2024. Imbauan ini dikeluarkan Kementerian Agama atau Kemenag agar Sholat kita lebih afdol lagi.

Ada apa gerangan pada tanggal 27 dan 28 Mei 2024, sehingga Kemenag sampai harus mengeluarkan imbauan?

Baca Juga: BAGAIMANA Cara Pendaftaran PPDB SMA 2024 Jawa Barat? Inilah Berkas Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Seperti diketahui setiap umat Islam melakukan Sholat setiap harinya dengan mengarahkan diri kea rah Kiblat yakni posisi dimana Kabah berada.

Namun posisi kiblat seiring dengan berjalannya waktu bisa bergeser, dan salah satunya karena perubahan lempengu bumi dengan terjadinya gempa. Masalah pergeseran arah kiblat bukanlah persoalan yang dihadapi umat Islam di Indonesia saja.

Mengutip dari laman surat kabar Saudi Gazette menyatakan bahwa sekitar 200 masjid di kota Mekah tidak menghadap ke arah kiblat.

Surat kabar Saudi Gazette melaporkan, orang-orang yang melihat ke bawah dari atas gedung-gedung tinggi yang baru di Mekah menemukan, mihrab di banyak masjid tua Mekah tidak mengarah langsung ke Ka’bah.

Laman BBC melaporkan bahwa pihak berwenang belakangan melakukan pembangunan kembali kawasan di dan sekitar Masjid al-Haram. Namun, masjid-masjid lama di Mekah tetap dipertahankan keberadaannya.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Antara Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah