GREEN Lifestyle, Yuk Memilih Makanan dengan Jejak Karbon yang Paling Sedikit, Bantu Redakan Pemanasan Global

- 7 April 2024, 10:00 WIB
Yuk memilih makanan dengan jejak karbon yang rendah. Itung-itung membantu meredakan pmanasan global.
Yuk memilih makanan dengan jejak karbon yang rendah. Itung-itung membantu meredakan pmanasan global. /freepik/

DESKJABAR – Tanpa kita sadari ternyata makanan yang kita konsumsi atau cara memasaknya, juga bisa berdampak pada pemanasan iklim global. Itu karena makanan juga meninggalkan jejak karbon (CO2) yang tidak kalah membahayakannya.

Green Lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan saat ini menjadi gaya hidup yang lagi tren, termasuk dalam memilih makanan, pola makan serta cara mengolahnya, yang dianggap akan ikut membantu meredakan krisis pemanasan global yang terjadi saat ini.

Baca Juga: HARI INI Mau Perjalanan Mudik Lebaran 2024, Simak Tips Mengecek Ban Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Di AS, setiap rumah tangga menghasilkan 48 ton gas rumah kaca dimana transportasi, perumahan, dan makanan memiliki tiga jejak karbon terbesar. Makanan menghasilkan sekitar 8 ton emisi per rumah tangga, atau sekitar 17% dari total emisi.

Di seluruh dunia, laporan baru menunjukkan bahwa peternakan menghasilkan sekitar setengah dari seluruh emisi buatan manusia .

Jadi jika anda ingin menerapkan green lifestyle, ada baiknya merubah pola makan dengan memilih mana makanan atau pola makan yang menghasilkan sedikit jejak karbon.

Mengubah makanan yang Anda makan dapat berdampak besar pada jejak karbon Anda dan ikut mengurangi polusi, melestarikan lingkungan dan memperlambat pemanasan global.

Selain itu, banyak dari perubahan pola makan ini juga akan menghemat uang Anda, meningkatkan kesehatan Anda dan bahkan membuat Anda tetap bugar.

Daftar Jejak Karbon pada Makanan

Tabel berikut menunjukkan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh satu kilo setiap makanan. Ini mencakup semua emisi yang dihasilkan di pertanian, di pabrik, di jalan, di toko, dan di rumah Anda.

Emisi yang dihasilkan dari makanan itu sebanding dengan emisi yang dihasilkan transportasi dengan menempuh jarak dalam ukuran mil.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: greeneatz.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah