36 Warga Jawa Barat Meninggal Akibat DBD, Segera Kenali Ciri Ciri Demam Berdarah

- 26 Februari 2024, 14:50 WIB
Ciri ciri demam berdarah
Ciri ciri demam berdarah /Ilustrasi Pencegahan Nyamuk Aedes aegypti/

DESKJABAR - Memasuki musim penghujan di Jawa Barat, berbagai penyakit muncul salah satunya demam berdarah (DBD) dari itulah kita harus tahu dulu ciri ciri demam berdarah.

Ciri ciri demam berdarah harus difahami agar tidak berakibat patal mengenai tanda atau gejala demam berdarah pada dewasa, namun salah satu ciri utama demam berdarah pada orang dewasa, yakni demam >38°C.

Tingginya kasus DBD di Jabar tinggi diungkap Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mencatat ada sebanyak 4.637 kasus dan 36 orang diantaranya meninggal dunia sepanjang Januari-Februari 2024.

Baca Juga: TERBARU! Promo Gajian di Indomaret, Ada Diskon Harga Spesial, Berlaku Hingga 5 Maret 2024

Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar, Rochady Hendra Setia Wibawa mengatakan, jumlah kasus kematian ini termasuk dari Kota Bogor.

"Jumlah kasus DBD 4.637 dengan jumlah kematian 36 orang, itu data dari 27 kabupaten dan kota di Jabar, dan termasuk 4 kasus yang di Kota Bogor," ujar Rochady saat dikonfirmasi, Senin 26 Februari 2024.

Rochady sendiri tidak menjelaskan secara rinci data tersebut paling banyak dari kabupaten kota mana saja. Hanya saja, dia memastikan, dari ribuan kasus itu tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

"Sebaran kasusnya di kota-kota besar, dan itu pasti merata (setiap kecamatan)," ucapnya.
Kasus DBD di Jawa Barat paling banyak menyerang usia kelompok anak-anak. Menurutnya, hal itu disebabkan karena daya tahan tubuh yang berbeda dengan kelompok usia dewasa.

"Kalau kita lihat ini virus, dan kalau virus ini pasti berhubungannya dengan daya tahan tubuh, kalau daya tahan tubuhnya rendah itu akan lebih rentan. Jadi ada beberapa faktor resiko memang di anak-anak," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah