Kota Bandung Oktober ini Akan Luncurkan Inovasi Bakteri Wolbachia untuk Cegah DBD

- 29 Agustus 2023, 15:51 WIB
Kota Bandung terapkan inovasi bakteri wolbachia untuk cegah DBD
Kota Bandung terapkan inovasi bakteri wolbachia untuk cegah DBD /Ilustrasi Pencegahan Nyamuk Aedes aegypti/

DESKJABAR Jumlah kasus DBD di Kota Bandung mengalami penurunan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes), pada tahun 2022 terdapat 5.205 kasus DBD di Kota Bandung. Dibandingkan Januari-Juli 2023, jumlah kasus DBD menurun menjadi 1.281 kasus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung, Dr. Ira Dewi Jani. Ia mengatakan, trennya menurun pada Januari hingga Juli. Bahkan, dibandingkan  bulan yang sama  tahun 2022, jumlah kasusnya kini lebih sedikit.

"Barangkali karena upaya yang dilakukan. Tapi kalau melihat upaya-upaya tersebut, sebetulnya tidak ada yang berbeda signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin juga karena musim panas, sehingga tidak ada genangan air," ujar Ira kepada Humas Kota Bandung, Selasa 29 Agustus 2023.

Baca Juga: TPA Sarimukti Tak Kunjung Tuntas, Pemkot Bandung Terus Mengambil Langkah Darurat

Untuk lebih menekan angka kasus DBD, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana melakukan inovasi bakteri wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk Aedes aegypti. Upaya ini baru akan diuji di Kabupaten Ujungberung.

"Kita sudah uji coba resistensi juga dengan menangkap nyamuk dan telur di Ujungberung. Tahapannya sudah dijalankan," ucapnya.

Ujungberung termasuk dalam 10 kecamatan dengan kasus DBD terbanyak di Kota Bandung pada tahun 2022. Kepala UPT Puskesmas Ujungberung juga mendapat pelatihan mengenai inovasi wolbachia di Yogyakarta.

"Dukungan lintas sektor kewilayahannya juga bagus. Apalagi ini pilot project, jadi harus ada dukungan juga dari masyarakat. Maka dari itu, Ujungberung dipilih sebagai pilot project wolbachia," ungkapnya. 

Baca Juga: Kota Bandung Darurat Sampah, Pemkot Bandung Susur Berbagai Alternatif TPA Darurat

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah