MENGAPA Saat Berpuasa Ramadhan 2024 Kepala Pusing, Ini Alasan dan Tips Anti Sakit Kepala yang Bisa Dicoba

- 12 Maret 2024, 16:30 WIB
Mengapa sakit kepala saat berpuasa di Ramadhan 2024, ini penjelasan serta tips mengantisipasi sakit kepala.
Mengapa sakit kepala saat berpuasa di Ramadhan 2024, ini penjelasan serta tips mengantisipasi sakit kepala. /freepik.com/

DESKJABAR – Berpuasa di bulan Ramadhan seperti di Ramadhan 2024, adalah kewajiban bagi semua umat Islam yang mampu. Menahan makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam. Namun terkadang saat berpuasa, terutama di awal-awal puasa, terkadang kepala pusing.

Dari sisi kesehatan dan hasil penelitian memang ada sejumlah alasan sehingga kepala pusing saat puasa terutama di awal-awal puasa Ramadhan 2024. Namun biasanya jika sudah terbiasa, lama kelamaan pusing bisa hilang sendiri.

Baca Juga: ADAB Buka Puasa Ramadhan 2024 yang Diajarkan Rasulullah SAW, Sangat Baik Bagi Kesehatan

Walau puasa di Ramadhan 2024 terasa berat karena harus menahan lapar dan haus seharian penuh selama sebulan lamanya. Meski demikian, umat Islam menjalankannya dengan rasa bahagia karena di bulan ini banyak keberkahan dan pahala serta ampunan yang dijanjikan Allah SWT.

Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan adalah perintah Allah SWT, tentu sebagai  Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Penyayang, tentu tidak akan menyuruh manusia kepada jalan ketidakbaikan. Tidak pernah terdengar ada manusia yang menderita gara-gara berpuasa di Ramadhan.

Justru banyak penelitian yang telah membutkikan ternyata puasa memberikan banyak efekk positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Kalaupun muncul kepala pusing saat berpuasa, biasa terjadi di waktu awal-awal Ramadhan, itu lebih banyak terjadi karena ada perubahan pola kehidupan sehari-hari antara bulan ramadhan ddengan di bulan di luar Ramadhan.

Mengapa Kepala Pusing Saat Berpuasa?

Mengutip dari laman saridon.co.id, disebutkan bahwa selain memiliki efek yang baik bagi kesehatan dan menyempurnakan ibadah kita, namun saat berpuasa terkadang memunculkan keluhan, salah satunya kepala pusing.

Keluhan-keluhan termasuk kepala pusing atau sakit kepala, terjadi disebabkan oleh perubahan pola makan, pola tidur, dan gaya hidup. Biasanya mereka tidur di malam hari hingga subuh tiba, di bulan ramadhan mereka harus bangun sahur di waktu dinihari.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: saridon.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah