DESAIN Tol Dalam Kota Bandung, Ada Underpass Gasibu dan BIUTR Terkoneksi dengan Tol Getaci

- 30 Juni 2023, 06:45 WIB
Dalam desain perencanaan pembangunan BIUTR Pasteur-Cileunyi akan ada underpass Gasibu sepanjang 550 meter. BIUTR ini juga akan terkoneksi dengan Tol Getaci
Dalam desain perencanaan pembangunan BIUTR Pasteur-Cileunyi akan ada underpass Gasibu sepanjang 550 meter. BIUTR ini juga akan terkoneksi dengan Tol Getaci /DBMP Bandung/

DESKJABAR – Rencana bos jalan tol Jusuf Hamka yang akan membangun tol dalam kota Bandung rute NS Link mulai 2024, memunculkan kembali tentang rencana pembangunan BIUTR Pasteur hingga Cileunyi yang telah digagas sejak tahun 1996. Bahkan dalam desain BIUTR tersebut nantinya akan ada underpass Gasibu dan tol ini akan terkoneksi dengan Tol Getaci.

Dalam desain perencanaan yang telah beredar sejak lama, tol dalam kota Bandung atau BIUTR Pasteur hingga Cileunyi diyakini akan mampu mengurai kemacetan, karena volume kendaraan yang akan melewatinya diperkirakan mencapai 45.000 kendaraan per hari.

Baca Juga: INILAH Rencana 3 Tol Dalam Kota Bandung, Terkoneksi dengan 6 Ruas Jalan Tol, Tol Getaci Terkoneksi DI SINI

Namun dalam perkembangannya, rencana pembangunan BIUTR menjadi sebuah jaringan tol dalam kota Bandung yang akan terdiri dari BIUTR Pasteur-Cileunyi, NS Link Pasirkoja-Pusdai, dan Tol Ujungberung-Gedebage, yang semuanya saling terhubung.

Yang menarik, dalam desain perencanaan awal, BIUTR Pasteur-Cileunyi nantinya akan berupa jalan sejajar (et grade), jalan layang (elevated), serta jalan bawah tanah (underpass). Underpass ini kemungkinan akan dibangun di kawasan Gasibu.

Jaringan tol dalam kota Bandung atau BIUTR tersebut nantinya akan juga terkoneksi langsung dengan tol terpanjang di Indonesia yakni Tol Getaci yang pembangunan fisiknya direncanakan dimulai tahun depan. Keduanya akan terhubung melalui Junction Gedebage, Kota Bandung.

Lalu kapan BIUTR Pasteur-Cileunyi ini akan dibangun?

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah