Waspadai 5 Penyakit Ini, Guru Besar Penyakit Dalam UI Sebut Berpotensi Kambuh di Minggu Pertama Lebaran

- 11 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi makanan berkolesterol tinggi yang bisa mengakibatkan kambuhnya 5 penyakit kronis di minggu pertama lebaran.
Ilustrasi makanan berkolesterol tinggi yang bisa mengakibatkan kambuhnya 5 penyakit kronis di minggu pertama lebaran. / ANTARA/Shutterstock/

DESKJABAR - Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) RS Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, ada 5 penyakit kronis yang harus diwaspadai agar tidak kambuh di minggu pertama Lebaran.

Menurut Ari, 5 penyakit tersebut berpotensi bisa timbul atau kambuh kembali pada minggu pertama lebaran karena tidak dikontrol seperti saat berpuasa.

Adapun penyakit kronis yang bisa timbul kembali itu antara lain tekanan darah yang tidak terkontrol, kolesterol yang meningkat, asam urat, kencing manis karena gula darah berlebih dan sakit maag.

“Bisa saja kambuh dalam sehari dua hari saat lebaran, oleh karena itu ini yang harus kita antisipasi supaya penyakit kronis ini tidak kambuh,” kata Ari dikutip dari ANTARA, Kamis 11 April 2024.

Baca Juga: Ada Upaya Manfaatkan Lebaran untuk Pertemukan Prabowo dengan Megawati, Dasco: Komunikasi Dibangun Kedua Pihak

Baca Juga: Ini Harapan Jimly Asshiddiqie Apapun Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2024

Dia mengatakan, pada saat berpuasa penyakit kronis tersebut banyak yang bisa terkontrol karena mengharuskan kita makan di jam teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

"Sebagian besar pasien pun mengalami perbaikan pada penyakit maag-nya karena berpuasa," kata Ari Fahrial Syam.

Untuk mencegah penyakit tersebut kambuh, Ari menyarankan untuk pandai memilih makanan yang dihidangkan saat lebaran dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan seperti menghindari makanan yang terlalu asin.

“Di satu sisi saya ingatkan harus tetap mengonsumsi sayur dan buah karena ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus halus, selain itu serat dari sayur dan buah ini bisa membuat buang air besar lancar,” katanya.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah