Menyusuri Petilasan Dewi Rengganis: Pendakian Gunung Argopuro Jatim, Kaki Terkilir (Bagian 8)

- 15 September 2022, 18:23 WIB
Puncak bagi pendaki gunung itu adalah bonus sedangkan perjalanan yang indah itu adalah selamat sampai kembali di rumah /DeskJabar/Dicky Harisman/

DESKJABAR - Perjalanan belum usai, dari puncak Arca kami akan mengambil jalur turun yang berbeda yakni jalur Krucil Bremi Kabupaten Probolinggo.

Kami naik ke Argopuro melalui jalur Baderan Kabupaten Situbondo. Perjalanan akan dilalui dalam waktu normal 6-7 jam.

Dari atas puncak Arca perjalanan turun adalah mengambil arah kanan melalui turunan berbatu dengan ketinggian lumayan sehingga kami harus setengah loncat melewatinya.

Perjalanan turun sebetulnya tidak mengenakan juga, terlebih pada trek turunan dengan kemiringan yang curam.

Baca Juga: Ciro Alves: Kesampingkan Soal Gol, ke Depankan Trend Positif Persib Saat Bentrok dengan Barito Putera

Karena pada saat turun itulah kita akan menanggung beban badan kita sepuluh kali lipat lebih berat dibandingkan perjalanan mendaki.

Nasib sial dialami saya, saat meloncat dari satu batu ke tanah, jalan yang saya pijak ternyata tidak rata.

Kaki kiri saya terperosok ke jalanan berlubang dan membuat saya spontan meringgis kesakitan.

Saat kaki dipijakan saat itu pula ngilu terasa kemana-mana. Ya Allah jangan sampai terjadi apa-apa dengan kaki saya, bisik hati saya saat itu.

Alhasil saya memaksakan diri menuruni turunan terjal berbatu dengan kaki terkilir dan digusur setengah dipaksa jalan belum lagi harus menanggung beban di ransel.