ARUS Balik Lebaran 2024, Jalur Selatan Ciamis Jawa Barat Mulai Ramai, Sepeda Motor Masih Mendominasi

- 13 April 2024, 15:15 WIB
Para pemudik berhenti sesaat di pertigaan Jl. Bojong Jengkol Sukamulya-Jl Nasional III Cihaurbeuti Ciamis, pada H+2 Lebaran 2024.
Para pemudik berhenti sesaat di pertigaan Jl. Bojong Jengkol Sukamulya-Jl Nasional III Cihaurbeuti Ciamis, pada H+2 Lebaran 2024. /Dindin Hidayat/DeskJabar.com/


DESKJABAR
- Fenomena arus balik Lebaran 2024 pada H+2 atau Sabtu 13 April 2024 mulai meramaikan jalan-jalan utama di wilayah Ciamis Jawa Barat dan sekitarnya.

Pantauan DeskJabar.com di lapangan, gelombang arus balik dari arah timur seperti dari Ciamis, Banjar, dan juga dari wilayah Jawa Tengah maupun Jogjakarta via jalur selatan menuju barat seperti ke Bandung dan wilayah Jabodetabek terlihat mulai memadati ruas-ruas jalan utama di Ciamis.

Para pemudik umumnya didominasi kendaran roda dua. Mesti begitu, kendaraan roda empat (pribadi) juga cukup banyak dengan plat nomor luar kota seperti B, D, T, F, AA, Z, dan lainya.

Baca Juga: MURAH PISAN, Yuk Sambangi dan Belanja di Toserba Yogya, Lagi Promo Harga Lebaran, Beef Sirloin Hanya Rp16.950

Para pemudik asal timur yang melewati wilayah Ciamis itu, umumnya menggunakan jalan Nasional III arah Bandung mulai dari Ciamis Kota, Imbanagara, Cikoneng, Sindangkasih,  Cihaurbeuti, hingga Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya dan seterusnya.

Padat lancar

Arus lalu lintas disepanjang jalan tersebut terpantau padat lancar. Tak sedikit juga kendaraan plat nomor luar kota yang masih menuju arah timur (mudik). Meski begitu, antrian kendaraan didominasi menuju arah barat atau arus balik.

Di sepanjang jalan dengan jarak sekitar 10 km itu terlihat pula para petugas kepolisian dari Polres Ciamis Polda Jabar, petugas Dishub maupun stakeholder terkait.

Baca Juga: LEBARAN 2024 Usai, Jangan Khawatir, Ada Saldo DANA Gratis Rp 10 Juta dengan Top Up Pakai BNI Mobile Banking

Mereka turut mengurai beberapa titik-titik kepadatan arus kendaraan seperti simpang Sindangkasih, pertigaan Kujang Cikoneng, Imbanagara, dan lainnya.

Sementara di seputar Ciamis Kota, arus balik juga sudah mulai memadati pertigaan Kertasari arah kota, Jl. Ir. H Juanda, Jl. Jenderal Sudirman, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah