INILAH Rencana 3 Tol Dalam Kota Bandung yang Nantinya Terhubung dengan 6 Ruas Tol, Termasuk Tol Getaci

- 29 Februari 2024, 08:00 WIB
Inilah rencana pembangunan 3 jalan tol dalam kota Bandung atau BIUTR, yang akan terkoneksi ke 6 jalan tol, termasuk ke TOL Getaci.
Inilah rencana pembangunan 3 jalan tol dalam kota Bandung atau BIUTR, yang akan terkoneksi ke 6 jalan tol, termasuk ke TOL Getaci. /Facebook PRFM/

DESKJABAR – Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas sebenarnya ide pembangunan tol dalam kota Bandung sudah ada sejak 17 tahun lalu. Dalam perkembangannya kemudian muncul rencana pembangunan 3 ruas tol dalam kota.

Nantinya ke 3 ruas tol dalam kota Bandung tersebut akan terhubung dengan 6 ruas jalan tol yang sudah ada maupun yang masuk dalam perencanaan. Ke-3  tol dalam kota tersebut nantinya akan membentuk semacam jaring labar-laba yang membentang dan menghubungkan wilayah Bandung bagian barat sampai ke bagian timur.

Baca Juga: Soal Proyek TOL GETACI, Pj Gubernur Jabar Geruduk Menteri PUPR Basuki Hari Ini Rabu 28 Februari 2024

Rencana yang sudah terbentuk selama 17 tahun ini akhirnya mendapatkan kejelasan  saat rombongan Pemprov Jabar yang dipimpin Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Dalam pertemuan itu, Menteri PUPR Basuki menyatakan tetap komitmen pada pembanngunan 5 proyek di Jabar, di antaranya adalah pembangunan 2 jalan tol yakni Tol Getaci dan tol dalam kota Bandung.

Proyek Tol Getaci sendiri saat ini masuk persiapan prakualifikasi dan akan masuk tahap lelang atau tender pada tahun ini juga.

Sementara itu, mengutip dari laman kementerian PUPR pada Desember 2023, bahwa proyek tol dalam kota Bandung termasuk di antara 6 proyek jalan tol yang akan dilelang pada tahun 2024, selain Tol Getaci dan Tol Akses Patimban, Subang.

Rencana 3 Tol Dalam Kota Bandung

Sebenarnya dalam perkembangan perencanaan pembangunan tol dalam kota Bandung berkembang dengan munculnya rencana  pembangunan 3 ruas tol dalam kota Bandung.

Yang dimaksud Menteri PUPR Basuki yang akan tetap komitmen dengan rencana pembangunan tol dalam kota Bandung dalam pertemuan dengan Bey Machmudin adalah Bandung Intra Urban Toll Road (BUTR).

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah