SELAIN Tol Getaci, Inilah Daftar Tol di Jawa Barat yang akan Dilelang Tahun 2024, Salah Satunya Tol Dalam Kota

- 9 Januari 2024, 08:57 WIB
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung. Selain Tol Getaci ada 4 tol di Jawa Barat yang akan dilelang pada tahun 2024.
Ilustrasi tol dalam Kota Bandung. Selain Tol Getaci ada 4 tol di Jawa Barat yang akan dilelang pada tahun 2024. /SkyScraper City/

DESKJABAR – Kementerian PUPR mentargetkan lelang proyek Tol Getaci akan dilakukan pada kuartal II tahun 2024. Ternyata, selain jalan tol pertama yang mengarah ke Priangan Timur tersebut, ada sejumlah jalan tol di Jawa Barat yang akan dilelang pada tahun 2024.

Proyek jalan tol yang akan dilelang pada tahun 2024 itu, terbagi dalam 2 kategori yakni proyek solicited atau proyek dengan pemrakarsa pemerintah, salah satunya tol dalam kota Bandung, dan proyek unsolicited atau proyek atas inisiatif pihak swasta.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Getaci Terbaru, Inilah Kecamatan yang Hampir Rampung dan yang Jauh dari Harapan

Tol Getaci sendiri saat ini baru masuk dalam tahap penutupan prakualifikasi dimana penyerahan dokumen prakualifikasi sudah ditutup pada 5 Januari 2024. Selanjutnya, setelah pengumuman peserta yang lolos kualifikasi, barulah memasuki tahapan persiapan lelang.

Sebelumnya saat melakukan peninjauan jalan daerah di Kabupaten Tasikmalaya pada September 2023, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan bahwa target pembangunan Tol Getaci dimulai pada kuartal II tahun 2024.

Proyek Tol Getaci yang akan ditawarkan pada lelang tahun 2024 adalah ruas Gedebage hingga Ciamis yang akan membentang sepanjang 108,3 kilometer. Jika ruas ini selesai, maka akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya yakni hingga ke Cilacap, Jawa Tengah.

Di ruas Gedebage hingga Ciamis, pembangunannya dibagi ke dalam 2 tahap yakni Tahap 1 ruas Gedebage hingga Kecamatan Banyuresmi (Garut utara) dan Tahap 2 ruas Banyuresmi hingga Ciamis.

Dari perencanaan awal, target pembangunan di Tahap 1 akan berlangsung pada 2024-2025 dengan target operasional tahun 2026. Sedangkan Tahap 2 ditargetkan pembangunannya pada 2028-2029 dengan target operasional pada 2030.

Proyek Tol di Jawa Barat yang Dilelang Tahun 2024

Mengutip dari keterangan Kementerian PUPR, pada tahun 2024 setidaknya ada 4 proyek jalan tol di Jawa Barat yang akan masuk tahap lelang. Ke-4 tol tersebut, diluar proyek Tol Getaci yang saat ini sudah masuk tahap prakualisikasi.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Kementerian PUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah