Di Tol Getaci Segmen Gedebage-Tasikmalaya Akan Ada Terowongan Seperti Cisumdawu? Ini Penjelasan Menteri PUPR

- 23 Januari 2023, 05:00 WIB
Dua terowongan kembar di ruas tol Cisumdawu sebagai solusi agar pembangunan jalan tol tidak merusak lingkungan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beharap, pembangunan Tol Getaci ruas Gedebage-Tasikmalaya yang bentang alamnya sangat bagus juga memperhatikan lingkungan dan kualitas.
Dua terowongan kembar di ruas tol Cisumdawu sebagai solusi agar pembangunan jalan tol tidak merusak lingkungan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beharap, pembangunan Tol Getaci ruas Gedebage-Tasikmalaya yang bentang alamnya sangat bagus juga memperhatikan lingkungan dan kualitas. /Instagram #cisumdawu/@mutia_yulismi/

DESKJABAR - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta pembangunan Jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) tahap 1 segmen Gedebage-Garut-Tasikmalaya yang dulu disebut Cigatas menjaga lingkungan hidup dan kualitas.

Pasalnya menurut Basuki Hadimuljono, di sepanjang Jalan Tol Getaci khususnya segmen Gedebage-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, bentang alamnya sangat bagus menembus pegunungan yang berhawa sejuk.

"Saya bayangkan antara Gedebage-Tasikmalaya ini pasti bentang alamnya masih baik, di kawasan pegunungan yang sejuk. Tapi kalau itu diubah hanya untuk kecepatan maka saya kira tidak cukup bijaksana kita membangun infrastruktur ini", kata dia.

Baca Juga: MANTAP! Lewat Tol Getaci ke Pangandaran Hanya 2 Jam dari Bandung dan 4 Jam dari Jakarta: Keluar Pintu Tol Ini

Baca Juga: Pengadaan Lahan Tol Getaci Jalan Terus Meski Waskita Karya Mundur: 2 Desa Sudah Terima Ganti Rugi

"Mungkin lebih mahal sedikit dengan terowongan, tapi (dengan terowingan) pasti akan lebih nyaman untuk kita lalui," tambah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Basuki Hadimuljono mengingatkan hal itu sudah cukup lama memang, yakni pada Januari 2022 di acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap di Jakarta.

Terwongan menembus gunung seperti Cisumdawu

Adanya terowongan yang menembus gunung sebagai solusi untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan, mengingatkan pada ruas tol Cisumdawu. Di jalur itu dibangun terowongan kembar dan berhasil dengan baik.

"Kita ke depan ini dengan misi ekonomi hijau dan infrastruktur hijau, saya ingin mengingatkan kembali kepada kita semua apalagi di daerah pegunungan antara Gedebage ke Tasikmalaya ini supaya tetap menjaga kaidah-kaidah lingkungan hidup," ujar Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mencontohkan pembangunan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat yang berhasil menjaga sekaligus mempertahankan kondisi lingkungan hidup di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: pupr.go.id Sumber Lain


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x