PASCA Lebaran 2024, 7 Komponen Mobil Ini Wajib Diperiksa Setelah Menjalani Mudik Lebaran

- 14 April 2024, 08:00 WIB
7 komponen mobil ini wajib diperiksa usai perjalanan mudik lebaran.
7 komponen mobil ini wajib diperiksa usai perjalanan mudik lebaran. /wallpaper flare/

DESKJABAR – Pasca Lebaran 2024 dan mudik sudah selesai, kegiatan rutin siap menanti. Ada baiknya periksa komponen mobil ini, setelah mobil menjalani perjalanan mudik lebaran, terutama perjalanan jarak jauh ke dengan jalanan yang tidak rata.

Pemeriksaan komponen mobil ini perlu dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan prima saat akan digunakan kegiatan rutin. Apalagi baru menjalani mudik, tentu banyak meninggalkan bekas termasuk kotoran. Jika perlu cuci bersih mobil ke tempat pencucian.

Baca Juga: LEBARAN 2024 Usai, Jangan Khawatir, Ada Saldo DANA Gratis Rp 10 Juta dengan Top Up Pakai BNI Mobile Banking

Saat dipakai mudik lebaran, komponen mobil pasti bekerja lebih ekstra. Apalagi perjalanan mudik ke kampung halaman yang berjarak jauh, pasti membuat mobil harus menempuh rute dan perjalanan tak biasa.

Terlebih, jika lintasan atau jalan yang dilalui merupakan lintasan berat seperti berbatu, bergelombang, atau bahkan berlumpur.

7 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan saat digunakan, mobil yang baru dipakai untuk mudik sangat dianjurkan untuk dicek kembali. Ada sejumlah bagian atau komponen mobil yang perlu diperiksa lagi.

Bagian-bagian itu mulai dari kaki-kaki, eksterior, interior, rem, hingga mesin. Bahkan, jika ditemukan ada yang perlu diganti sebaiknya dilakukan penggantian.

Adapun 7 komponen mobil yang wajib diperiksa adalah :

1.Oli mesin

Pastikan volume mesin tidak berkurang signifikan. Jika berkurang, segera tambah oli. Cara untuk mengecek volume oli ini, sejatinya cukup mudah, yakni melalui dipstick.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: astra.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah