Hibur Pelanggan, KAI Daop 2 Bandung Suguhkan Kesenian Tari Jaipong dan Pencak Silat

- 16 April 2024, 19:30 WIB
 KAI Daop 2 Bandung suguhkan Tari Jaipong dan Pencak Silat untuk menghibur pelanggan KA sekaligus menutup rangkaian kegiatan posko Angkutan Lebaran 2024.
KAI Daop 2 Bandung suguhkan Tari Jaipong dan Pencak Silat untuk menghibur pelanggan KA sekaligus menutup rangkaian kegiatan posko Angkutan Lebaran 2024. /Dok Daops 2 Bandung/

DESKJABAR - Beragam inovasi dn kreativitas terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya KAI Daop 2 Bandung dalam upaya meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggannya.

Dan salah satu upaya yang dilakukan KAI Daop 2 Bandung yakni dengan menghadirkan hiburan yang cukup unik yakni menampilkan kesenian Tari Jaipong dan Pencak Silat di area Stasiun Bandung, Selasa 16 April 2024.

Baca Juga: WOW! Pasca Lebaran 2024, Hyundai akan Luncurkan Mobil Listrik Pertama dengan Baterai Buatan Indonesia

Menurut Executive Vice President Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, hadirnya dua kesenian tersebut guna menghibur para pelanggan KA di stasiun sekaligus menutup rangkaian kegiatan posko Angkutan Lebaran 2024.

"Dua kesenian tersebut juga hadir dalam rangka memberikan pelayanan lebih bagi pelanggan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2024," ujar Takdir.

Takdir menambahkan dua kesenian dan budaya tradisional asal Indonesia khususnya di Jawa Barat tersebut berasal dari Sanggar Pusaka Pakuan Ciparay.

Sekilas Tari Jaipong dan Pencak Silat

Sekedar informasi, Tari Jaipong sendiri merupakan gabungan dari beberapa jenis tari, yaitu Tari Ketuk Tilu, Tari Wayang Golek, Tari Pencak Silat, dan Tari Ronggeng.

 Hal tersebut membuat Tari Jaipong memiliki gerakan yang unik. Umumnya terdapat empat gerakan dalam Tari Jaipong, yaitu Bukaan, Pencungan, Ngala, dan Mincit.

 Selain itu, salah satu ciri khas dari Tari Jaipong adalah tariannya yang bersifat ceria. Jaipong juga memberikan kesan semangat, erotisme, humanisme, energik, dan sederhana.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah