YUK Mengetahui Perkembangan Terkini Kereta Cepat Bandung Jakarta, yang Sempat Memakan Korban 2 Orang Meninggal

- 29 Januari 2023, 13:35 WIB
Perkembangan terkini pembangunan Kereta Cepat Bandung Jakarta yang akan beroperasi Juli 2023
Perkembangan terkini pembangunan Kereta Cepat Bandung Jakarta yang akan beroperasi Juli 2023 /KCIC/

DESKJABAR – Menjelang beroperasinya kereta cepat Bandung-Jakarta yang diharapkan pada Juli 2023, upaya penyelesaian semua aspek terus dikebut.

Penyelesaian tidak hanya dalam hal teknis untuk menyiapkan beroperasinya rangkaian kereta cepat, juga dari sisi sarana pendukungnya, termasuk dalam pembangunan Stasion Tegalluar.

Perkembangan terkini kereta cepat Bandung Jakarta sudah hampir rampung, meski dalam hal pemasangan rel yang akan membentang dari Stasiun Tegalluar (Bandung) hingga Stasiun Halim Perdanakusuma (Jakarta) baru mencapai 36,30 persen.

Baca Juga: INILAH 3 Exit Tol Getaci yang Diinginkan Bupati Tasikmalaya, Salah Satunya Akses ke Bendungan Leuwikeris

Dalam proses persiapan penyelesaiannya, proyek ini sempat dikejutkan dengan terjadinya kecelakaan pada 18 Desember 2022 di Desa Cempaka Mekar, Padalarang.

Kecelakaan itu telah menelan korban 2 pekerja meninggal dunia, 2 pekerja luka berat, dan 2 luka ringan. Mereka semua pekerja dari pihak kontraktor.

Kapan Kereta Cepat Beroperasi?

Dalam kunjungannya ke Stasiun Tegalluar pada Sabtu 28 Januari 2023, Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah terus mengawal penyelesaian proyek Kereta Cepat Bandung Jakarta (KJCB) yang hampir rampung.

Menurutnya, saat ini perkembangan pembangunannya sudah mencapai 84 persen. Diharapkan pembangunan ini akan rampung pada Juni 2023 dan  dapat beroperasi secara komersial pada Juli 2023.

“Pak Luhut (Menkomarves), Pak Erick (Menteri BUMN), dan saya ditugaskan bapak Presiden untuk mengawal proyek ini. Kereta ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa kita,” ujar Menhub Budi Karya.

Guna mempersiapkan operasional KCJB, pemerintah telah menggandeng dua perusahaan konsultan asal Inggris yaitu The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: dephub.go.id kcic.co.id


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x