Mudik Lebaran 2024, Tips Sehat di Kereta Api Agar tidak Tertular Penyakit

- 1 April 2024, 07:45 WIB
Suasana di stasiun kereta api menjelang musim mudik Lebaran 2024.
Suasana di stasiun kereta api menjelang musim mudik Lebaran 2024. /Instagram @kai121_

DESKJABAR – Musim mudik Lebaran 2024 menggunakan kereta api mulai mengalir, sampai menuju puncaknya pada H-2. Untuk meningkatkan keamanan kesehatan para penumpang kereta api pada mudik Lebaran, ada tips agar tidak tertular penyakit terutama dalam gerbong.

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KA) menyarankan para penumpang kereta api saat mudik Lebaran 2024, menerapkan protokol kesehatan. Ini hanya berupa himbauan, agar para penumpang kereta api mudik Lebaran bisa saling menjaga kesehatan diantara mereka.

Sebenarnya, penerapan protokol kesehatan bukan hanya semasa angkutan mudik Lebaran. Tetapi juga disarankan pada keseharian, demi keamanan kesehatan masing-masing penumpang, baik sekita ada di stasiun mapun gerbong kereta api, apalagi saat kondisi padat orang.

 Baca Juga: Di Jawa Barat, Hindari Dua Tanggal Ini, Diduga Bakal Macet Parah Mudik Lebaran 2024 dan Arus Balik

Inilah tipsnya

Nah, untuk angkutan mudik Lebaran 2024, pihak KAI menyarankan para penumpang dapat saling menjaga kesehatan diantara sesama mereka. Sebab, potensi menyebarnya penyakit diantara para penumpang kereta tetap ada, apalagi dalam gerbong yang penuh tempat duduk.

Pihak KAI pada Minggu, 21 Maret 2024, menyebutkan, khusus untuk vaksinasi, kini lebih besifat hanya anjuran sehingga tidak lagi wajib untuk naik kereta api. Dasarnya, Surat Edaran Kemenhub no.17 tahun 2023, dimana vaksinasi hanya bersifat anjuran.

Namun demikian, ada tips bagi para penumpang kereta api untuk saling menjaga kesehatan diantara sesama mereka. Ini dapat dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan oleh masing-masing penumpang, mirip ketika zaman Covid-19 lalu.

Tips ini adalah :

  1. Gunakan masker ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat. Hal ini berguna untuk melindungi diri sendiri dari potensi tertular atau menularkan penyakit ke sesama penumpang kereta api.
  2. Walau pun pandemi Covid-19 sudah reda, tetapi ada cara yang masih baik untuk dilanjutkan, yaitu penumpang dihimbau cuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang digunakan secara bersamaan.
  3. Penumpang dihimbau membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan. Ini sebagai antisipasi jika tiba-tiba sakit selama perjalanan.

Aktivitas mudik Lebaran 2024 menggunakan kereta api, akan ramai ketika sudah musimnya, dimana diperkirakan akan sekitar 4-8 April 2024.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah