10.000 Bibit Mangrove Ditanam di Desa Mayangan, Subang Perkuat Kawasan Bahari Berkelanjutan

- 27 Juni 2024, 17:26 WIB
Penanaman 10.000 bibit mangrove di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat,  Rabu, 26 Juni 2024.
Penanaman 10.000 bibit mangrove di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu, 26 Juni 2024. /dok Wanadri

DESKJABAR – Sebanyak 10.000 bibit mangrove ditanam di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai upaya memperkuat kawasan bahari berkelanjutan. Penanaman tersebut ditujukan sebagai penanggulangan dampak perubahan iklim.

Penanaman mangrove di Desa Mayangan itu, merupakan prakarsa PT Telkom Indonesia berkolaborasi dengan West Java Conservation Trust Fund (WJCTF) dan PT Venambak Kail Dipantara.

Penanaman dilakukan pada Rabu, 26 Juni 2024 sekaligus melibatkan pemberian bantuan distribusi aerator untuk masyarakat petambak setempat.

Baca Juga: TB Masigit Kareumbi Sumedang Peroleh Bantuan Alat Penanggulangan Kebakaran Hutan 2024

Konservasi hutan

Irawan Marhadi selaku Direktur Utama West Java Conservation Trust Fund(WJCTF) memaparkan bahwa kegiatan kali ini merupakan salah satu rangkaian Program Pengembangan Pesisir Terpadu atau Integrated Coastal Development Program.

Indonesia dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia seharusnya dapat mengembangkan dan memperkuat kawasan bahari untuk keberlanjutan di masa mendatang.

Selain penanaman mangrove dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem pesisir,  Telkom turut memberikan perhatian kepada masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai penambak.

Berkolaborasi dengan PT Venambak, sebuah perusahaan teknologi di bidang akuakultur yang mengembangkan solusi untuk membantu petambak beradaptasi terhadap perubahan iklim serta menetralkan emisi karbon melalui sistem budidaya silvofishery.

Budidaya silvofishery merupakan penggabungan aktivitas budidaya dan mangrove, yang tentunya dapat menyerap mengurangi emisi karbon.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah