11 Arti Singkatan Nama Unik Jalan Tol di Jawa Barat

- 15 Januari 2023, 11:03 WIB
Arti nama unik jalan tol yang ada di Jawa Barat
Arti nama unik jalan tol yang ada di Jawa Barat /Instagram @pupr_bpjt/

DESKJABAR - Jalan tol dikenal masyarakat Indonesia sebagai jalur bebas hambatan yang diambil untuk mempersingkat waktu atau jarak tempuh. Penyebutan istilah jalur bebas hambatan pada jalan tol di Indonesia bukanlah merujuk pada freeway, highway, atau expressway yang di beberapa negara bisa diakses tanpa biaya.

Istilah jalan tol di Indonesia merupakan singkatan dari tax on location (pajak di lokasi) karena pengendara harus membayar untuk bisa melewati jalur bebas hambatan yang dikenal dengan istilah “toll road”. 

Penggunaan singkatan ternyata juga diterapkan pada nama-nama jalan tol di Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan-sebutan unik.

Pemilihan singkatan pada nama jalan tol tersebut tidak dibuat dari nama tokoh, melainkan diambil dari nama-nama daerah yang dilewati oleh ruas tol tersebut. 

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini Minggu 15 Januari 2023, Tuan Rumah Kejar Poin

Arti singkatan nama jalan tol di Jawa Barat

Berikut adalah 11 arti singkatan nama jalan tol di Jawa Barat beserta informasi singkatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Tol Jagorawi

Tol Jagorawi merupakan singkatan dari Jakarta-Bogor-Ciawi. Ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Jasa Marga pada tahun 1978. Dengan total panjang 59 km, Tol Jagorawi menghubungkan wilayah Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi. 

  1. Tol Cipularang

Tol Cipularang merupakan singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang. Memiliki total panjang 54 km yang menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat. 

  1. Tol Purbaleunyi

Tol Purbaleunyi merupakan singkatan dari Purwakarta-Bandung-Padalarang-Cileunyi. Memiliki total panjang hampir 123 km yang menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung. 

Halaman:

Editor: Suhardi Arjuna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah