AWAS, Handphone Anda Bisa 10 Kali Lebih Kotor dari Dudukan Toilet, Bisa Jadi Sarang Kuman Berbahaya

- 12 April 2024, 15:00 WIB
Awas Handphone anda bisa 10 kali lebih kotor dari udukan toilet.
Awas Handphone anda bisa 10 kali lebih kotor dari udukan toilet. /pexels.com/

DESLKJABAR – Awas, peralatan elektronik portable (PED) atau gadget, termasuk handphone, ternyata 10 kali lebih kotor dari dudukan toilet. Bisa jadi handphone Anda jadi sarang bkteri atau kuman berbahaya bai kesehatan manusia.

Hasil mengejutkan ini merupakan hasil survey yang dilakukan Universitas Arizona di Amerika yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA).

Baca Juga: Tebing 30 Meter di Garut Longsor Tutup Jalan Mudik Singajaya-Banjarwangi, Respon PUPR Selalu Terlambat

Hasil survey memperlihatkan bahwa handphone membawa 10 kali lebih banyak bakteri daripada kebanyakan tempat duduk toilet. Ada cukup banyak bakteri yang ada di handphone seperti bakteri E.Coli, Salmonela, norovirus, staph, dan gonore.

Selama ini dalam hasil penelitian sebelumnya, selalu menempatkan dudukan toilet sebagai media yang kotor dan mengandung banyak bakteri. Namun kenyataan dari survey yang dilakukan Universitas Arizona memperlihatkan PED termasuk handphone jauh lebih kotor.

Survey dilakukan karena saat ini penggunaan PED seperti handphone, tablet sudah semakin banyak. Tahun 2023 saja secara global ada sebanyak 7,33 miliar HP.

Menurut Data.ai, Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan penggunaan ponsel yang melampaui rata-rata 6 jam per hari. Hal ini patut diwaspadai lantaran Indonesia menjadi negara yang paling "kecanduan" menggunakan perangkat mobile secara global pada 2023. Jumlah penggunanya sebanyak  194 juta orang.

Penggunaan Gadget di Dapur Meningkat

Sejalan dengan semakin banyaknya jumlah PED termasuk handphone yang beredar di masyarakat, juga semakin meningkat penggunaan gadget tersebut di dapur atau saat makan.

Apalagi dengan semakin meningkatnya konten makanan dan masak di media sosial semakin banyak pengunaan gadget termasuk HP saat menyiapkan makanan.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: khaleejtimes Arizona University


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah