Tebing 30 Meter di Garut Longsor Tutup Jalan Mudik Singajaya-Banjarwangi, Respon PUPR Selalu Terlambat

- 12 April 2024, 13:20 WIB
Sejumlah kendaraan yang melintasi di jalan yang terdampak tanah longsor di Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat harus antre, Jumat 12 April 2024
Sejumlah kendaraan yang melintasi di jalan yang terdampak tanah longsor di Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat harus antre, Jumat 12 April 2024 /ANTARA/HO-Polsek Banjarwangi Garut/

DESKJABAR - Jalur mudik Lebaran 2024 Banjarwangi-Singajaya di wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertutup longsor. Agar arus lalu lintas tetap lancar, Polres Garut memberlakukan buka tutup di jalan tersebut, Jumat 12 April 2024.

Lokasi longsor tepatnya terjadi di kawasan Lawang Angin. Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya merupakan jalur utama yang menghubungkan dengan sejumlah kecamatan di jalur selatan Garut.

Kepala Polsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif mengatakan, longsor yang terjadi Jumat 12 April 2024 dini hari itu, telah menyebabkan jalan tertutup, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan dari baik dari arah Banjarwangi menuju Singajaya, maupun sebaliknya.

"Saat ini sudah bisa dilintasi tapi buka tutup, dan anggota masih disiagakan," kata Latif.

Baca Juga: 2 Juta Kendaraan Arus Balik Akan Kembali ke Jabodetabek, Agar Tidak Macet Ini Imbauan Pemerintah

Baca Juga: Ridwan Kamil dapat Tiket dari Golkar dan Gerindra Maju di Pilgub Jabar 2024, Bagaimana Dedi Mulyadi?

Latif menjelaskan, jalan raya tersebut diakauinya merupakan daerah rawan terjadi tanah longsor saat musim hujan. Seperti pada kejadian kali ini longsoran tanah tebing setinggi 30 meter menutup akses jalan sepanjang 5 meter.

"Panjang longsor 5 meter, tinggi 30 meter sehingga menutup seluruh badan jalan raya. Dalam kejadian tersebut tidak ada ada korban jiwa," katanya.

Ia menyampaikan kejadian longsor di jalan raya itu setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah tebing retak hingga akhirnya longsor.

Begitu mendapat informasi, kata dia, sejumlah personel kepolisian maupun instansi lainnya langsung bergerak untuk membersihkan material longsoran tanah secara manual agar jalan bisa kembali dilintasi kendaraan.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah