Info Terkini Tabrakan Kereta di Cicalengka, Penumpang KA yang Terdampak Dapat Kompensasi dari KAI

- 5 Januari 2024, 14:45 WIB
Foto ilustrasi warga yang menyaksikan di lokasi tabrakan kereta api lokal Bandung Raya dengan KA Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024. PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak gangguan pelayanan.
Foto ilustrasi warga yang menyaksikan di lokasi tabrakan kereta api lokal Bandung Raya dengan KA Turangga di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024. PT KAI Daop 1 Jakarta memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak gangguan pelayanan. /ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU/ANTARA FOTO

DESKJABAR - Semua penumpang kereta api yang yang terdampak gangguan pelayanan akibat peristiwa tabrakan kereta di Cicalengka antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan Commuterline Bandung Raya , Jumat, 5 Januari 2024, mendapat kompensasi dari ​​​​​​PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan info terkini mengenai kompensasi KAI kepada penumpang KA tersebut, Jumat siang. 

Ia menjelaskan bahwa jalur rel antara Haurpugur–Cicalengka wilayah Daop 2 Bandung untuk sementara tidak dapat dilalui akibat tabrakan KA tersebut.

Baca Juga: Info Terkini Tabrakan Maut KA di Cicalengka, Semua Penumpang Kereta Api Selamat, 22 Luka Ringan

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di dua kereta api yang mengalami musibah tersebut," kata Ixfan Hendriwintoko sebagaimana dilansir Antara.

Ia mengungkapkan bahwa KA dari Daop 1 Jakarta yang terdampak atas gangguan tersebut yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen–Purwokerto, dilakukan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar melalui Cikampek–Cirebon Prujakan–Prupuk– Purwokerto.

Sementara itu, KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen–Garut PP dibatalkan.

KAI berikan kompensasi

Sehubungan dengan terjadinya rintang jalan pada petak Jalan Haurpugur-Cicalengka, kata Ixfan melanjutkan, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang.

Menurut dia, penumpang yang ingin membatalkan perjalanan di stasiun keberangkatan penumpang atau pun di tengah perjalanan karena terjadi rintang jalan tersebut yang menyebabkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang tersebut, KAI mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan.

Baca Juga: Tabrakan Maut KA di Cicalengka, Inilah Sejarah Stasiun Cicalengka, Musisi Italia dan Adu Bagong

Selanjutnya, penundaan keberangkatan KA di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan berlangsung 1 jam atau lebih, lalu penumpang bermaksud membatalkan perjalanan, KAI mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan.

Selain itu, penumpang yang bermaksud membatalkan perjalanan karena menolak untuk menggunakan KA dengan rute lain/memutar maka KAI mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan.

Terakhir, stasiun tujuan penumpang menjadi tidak terlewati oleh kereta api dengan rute memutar maka perusahaan sedapat mungkin menyediakan moda angkutan terusan, jika tidak disediakan moda terusannya maka bea tiket dikembalikan 100 persen di luar bea pesan.

"KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA yang terjadi," ucap Ixfan Hendriwintoko.

Seperti diberitakan, terjadi tabrakan kereta di Cicalengka antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, petak jalan antara Stasiun Haurpugur–Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024, pukul 6.03 WIB.

Baca Juga: Sinopsis Boyhood, Kisah Korban Bully Disangka Jagoan Berjuluk Macan Putih, Kocak dan Seru

Sebanyak 4 petugas KA yang terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan petugas keamanan, meninggal dunia dalam tabrakan kereta tersebut. 

Halaman:

Editor: Samuel Lantu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah