Pabrik Gula di Cirebon Gunakan Tebu Unggulan Sendiri, Produk Dinas Perkebunan Jabar Dicuekin ?

- 7 Desember 2023, 06:30 WIB
Rakerda DPD APTRI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Sangkan Hurip Kabupaten Kuningan, Rabu, 6 Desember 2023.
Rakerda DPD APTRI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Sangkan Hurip Kabupaten Kuningan, Rabu, 6 Desember 2023. /Instagram @pt_rajawali2

DESKJABAR – Perusahaan negara pengelola pabrik gula di Jawa Barat PT PG Rajawali II menggunakan varietas tebu unggulan buatan BRIN-P3GI serta Thailand. Penggunaannya termasuk pada dua pabrik gula di Kabupaten Cirebon yang bermitra dengan petani tebu perkebunan rakyat di Kabupaten Cirebon dan Kab. Kuningan.

 

 

Pada lain tempat, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat sudah membuat benih tebu khusus untuk di Jawa Barat dengan PSJT. Namun sejauh ini, belum ada gambaran, sejauh mana benih tebu PSJT apakah akan digunakan untuk para petani tebu di Jawa Barat.

Pihak PT PG Rajawali II Cirebon mengisyaratkan akan menggunakan varietas tebu unggulan sendiri produk BRIN-P3GI dan Thailand, pada Rakerda DPD APTRI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Sangkan Hurip Kabupaten Kuningan, Rabu, 6 Desember 2023.

 Baca Juga: Dinas Perkebunan Jawa Barat Produksi Benih Tebu, Dukung Kebangkitan Tebu Rakyat dan Pabrik Gula

Direktur Utama PT PG Rajawali II, Wahyu Sakti pada sambutannya, menyebutkan, untuk mendukung peningkatan protas tebu/ha petani mitra, PT PG Rajawali II telah bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) untuk mendapatkan varietas terbaik di lingkungan PT PG Rajawali II.

Bahkan PT PG Rajawali II juga telah bekerjasama dengan Thailand untuk mengembangkan varietas unggulan di PT PG Rajawali II.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat

Sumber: Instagram @pt_rajawali2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah