Profil Fatmawati, Istri Soekarno yang Menjahit Sang Saka Merah Putih untuk Proklamasi, Siapa Saja Putranya?

- 6 Agustus 2022, 12:56 WIB
Fatmawati bersama Soekarno dan lima putranya
Fatmawati bersama Soekarno dan lima putranya /Dok. Yayasan Bung Karno/

DESKJABAR - Fatmawati adalah istri Soekarno yang menjahit Sang Saka Merah Putih untuk dikibarkan pada Proklamasi 17 Agustus 1945.

Fatmawati merupakan Ibu Negara (The First Lady) pertama Republik Indonesia. Ada cerita menarik dan bikin trenyuh dari kehidupan Fatmawati sebagai Ibu Negara.

Fatmawati lahir dari keluarga sangat sederhana sehingga tak pernah punya perhiasan. Suatu saat ia mendampingi Soekarno berkunjung ke India.

Ini adalah kunjungan pertama Fatmawati ke luar negeri sebagai Ibu Negara. Karena tak memiliki perhiasan dan Soekarno belum mampu membelikannya, terpaksa ia memakai perhiasan pinjaman dari istri Sekretaris Negara! Itulah kesederhanaan Fatmawati, wanita tangguh pendamping Soekarno ini.

Siapa Fatmawati dan siapa saja putra-putrinya? Berikut profilnya.

Fatmawati lahir 5 Februari 1923 di Bengkulu pada pukul 12.00 WIB siang. Ibunya bernama Siti Chadijah dan ayahnya bernama Hassan Din.

Baca Juga: Naskah Proklamasi Asli yang Ditulis Ir Soekarno Sempat Dibuang, Untungnya Diselamatkan Seseorang

Ayah Fatmawati, Hassan Din, adalah tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Orangtua Fatmawati bukanlah orang berkecukupan meskipun seorang tokoh pergerakan. Bahkan dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Hassan Din dan keluarga harus mengontrak dari satu rumah ke rumah lainnya karena tak memiliki rumah sendiri.

Kehidupan ekonomi orangtua Fatmawati semakin memburuk ketika Hassan Din dikeluarkan dari tempatnya bekerja, Borsumij, sebuah perusahaan Belanda.

Halaman:

Editor: Samuel Lantu

Sumber: kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x