Lima Kecamatan di Cianjur Terapkan AKB Plus Mikro, Ini Alasannya

- 10 Februari 2021, 20:25 WIB
Bupati Cianjur, Herman Suherman.
Bupati Cianjur, Herman Suherman. /Antara/


DESKJABAR
– Lima kecamatan di Cianjur yang berstatus zona merah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) plus mikro.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu, mengatakan, penerapan AKB plus mikro hingga tingkat RT tersebut dilakukan sebagai upaya penanganan cepat guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kelima kecamatan itu,  yaitu Cipanas, Pacet, Cianjur, Cilaku dan Cibeber, dimana kelima kecamatan tersebut masuk dalam zona merah atau rawan terjadi penularan.

Baca Juga: Ikatan Cinta, Rabu 10 Februari 2021: Andin Masih Mencintai Al, Aldebaran Makin Kagum

"Penerapannya di seluruh kecamatan, namun khusus di lima kecamatan yang masuk zona merah, dibentuk tim gugus tugas mulai dari kecamatan, desa hingga tingkat RT dan RW. Pengawasan lebih ditingkatkan, termasuk penanganan dan penelusuran cepat dilakukan tim," katanya.

Pelaksanaan AKB plus mikro, ungkap Herman, sebagai penyeimbang PPKM mikro yang dilakukan di sejumlah wilayah yang berdekatan dengan Cianjur, agar penerapan protokol kesehatan tetap ditingkatkan.

Tim gugus tugas akan melakukan pendataan setiap pekan, jika di lingkungan desa atau RT setempat masih terjadi penularan yang cukup tinggi, tidak tertutup kemungkinan akan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah tersebut, sehingga warga tidak diperbolehkan keluar dari lingkungan atau orang luar masuk ke lingkungan tersebut.

Baca Juga: Kota Tasikmalaya Menghadapi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg, Diduga Karena Ini

"Berbagai upaya akan dilakukan sebagai upaya memberikan rasa aman, nyaman, dan jaminan kesehatan terhadap masyarakat Cianjur. Sehingga penularan virus berbahaya dapat ditekan dan Cianjur bisa kembali ke zona hijau," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Camat Cianjur Tomtom Gardiat, mengatakan, meski tidak seluruh kelurahan dan desa yang masuk dalam zona merah, namun pihaknya telah membentuk tim gugus tugas hingga ke tingkat RT.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah