GUNUNG RUANG ERUPSI, Ratusan Warga Dievakuasi Petugas BPBD, PVMBG: Naikan Status Level Siaga Menjadi Awas

- 18 April 2024, 10:15 WIB
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Erupsi pukul 20.15 WITA Rabu, 17 April 2024
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Erupsi pukul 20.15 WITA Rabu, 17 April 2024 /Instagram @infojawabarat/

DESKJABAR - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara Erupsi pada Selasa, 16 April 2024, sekitar pukul 20.15 WITA. Peristiwa ini mengagetkan warga masyarakat di sekitar lereng gunung Ruang.

Dalam rekaman video yang beredar tinggi kolom erupsi teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak, yang disertai suara gemuruh dan gempa.

Akibat peristiwa tersebut dua desa terdampak yakni desa Pumpente dan desa Patologi di Kecamatan Tagulandang terdampak langsung erupsi.

Diketahui, dua desa itu berada di pulau yang sama dengan Gunung Ruang, warga di dua desa tersebut telah dievakuasi ke Pulau Thulandang. 

Berdasarkan data hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari data visual dan instrumental Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas) mulai pukul 21.00 WITA, 17 April 2024.

Ratusan warga yang bermukim di sekitar lereng gunung Ruang dievakuasi petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro.

Baca Juga: PERPISAHAN : Bima Arya Akhiri Masa Jabatan Wali Kota Bogor Gelar Makan Nasi Liwet, Ini Tanggapan Netizen!

Akibat peristiwa tersebut, berikut rekomendasi PVMBG untuk masyarakat di sekitar Gunung Ruang.

1. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Halaman:

Editor: Agus Sopyan

Sumber: Instagram @pvmbg_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah