KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

- 18 April 2024, 08:45 WIB
Willy Arifin (Executive Chairman (kiri) & Co-Founder KoinWorks) dan Benedicto Haryono (CEO & Co-Founder KoinWorks)   kanan
Willy Arifin (Executive Chairman (kiri) & Co-Founder KoinWorks) dan Benedicto Haryono (CEO & Co-Founder KoinWorks) kanan /

DESKJABAR - KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT). KoinWorks Bank melaporkan profit pertamanya pada Januari 2024, hanya setahun setelah diakuisisi oleh pendiri KoinWorks dan menjadi bagian dari KoinWorks Group. Sementara itu, LAT, yang berfungsi sebagai penyelenggara pinjaman untuk UMKM, melaporkan keuntungan tahun penuh pada 2023, setelah investasi substansial dalam pengembangan produk dan otomatisasi _backend_.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks serta _owner_ dari KoinWorks Bank, menyatakan, "Dengan KoinWorks Bank dan LAT yang melaporkan hasil menguntungkan, kami telah memvalidasi fokus strategis kami pada pertumbuhan yang berkelanjutan. Prestasi ini mengonfirmasi dedikasi kami dalam memberikan nilai kepada pemangku kepentingan. Kami juga menjadi lebih dekat ke tujuan kami untuk mencapai profitabilitas grup pada akhir tahun 2024.”

Pendiri KoinWorks mengakuisisi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Asri Cikupa Karya pada Januari 2023 yang kemudian secara legal beroperasi dengan nama KoinWorks Bank sejak Oktober 2023. Akuisisi strategis ini memberikan pengguna KoinWorks opsi produk Deposito Berjangka dengan tingkat pengembalian bersaing yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Profitabilitas awal yang dilaporkan adalah hasil langsung dari portofolio pelanggan UMKM yang terdiversifikasi dengan baik dengan tingkat _non-performing loans_ (NPL) yang dapat dipertahankan, yakni tercatat 0,5% saat ini, dan hasil dari biaya dana yang lebih rendah pada produk deposito berjangka. Sejak akuisisi, KoinWorks Group telah menyuntikkan modal dan berupaya untuk mentransformasi KoinWorks Bank menjadi wadah digital untuk bisnis dan konsumen, yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2025.

Baca Juga: PERPISAHAN : Bima Arya Akhiri Masa Jabatan Wali Kota Bogor Gelar Makan Nasi Liwet, Ini Tanggapan Netizen!

Selain KoinWorks Bank, pada akhir Januari 2024, KoinWorks Group melaporkan profit dari Lunaria Annua Teknologi (LAT) untuk tahun penuh 2023. Perusahaan berhasil mengembangkan portofolio kredit UMKMnya, dengan mencairkan pinjaman produktif lebih dari 10 triliun rupiah sepanjang tahun 2023. Hasil dari pengembangan produk yang dilakukan akhirnya membuahkan hasil, di mana KoinWorks mengindikasikan bahwa perusahaan mampu mengotomatisasi proses yang sebelumnya dikelola oleh integrasi perangkat lunak sebagai pihak ketiga. Otomatisasi ini meningkatkan efisiensi biaya keseluruhan perusahaan. Secara konkrit, hal ini juga berkontribusi pada peningkatan 25% dalam EBITDA pada tahun 2023, dan peningkatan margin sebesar 65% dalam periode yang sama.

Mencapai profitabilitas pada tahun 2024 tak hanya menjadi tonggak penting bagi KoinWorks Group, tetapi juga memperkuat kemampuannya untuk memenuhi komitmen kepada para pemangku kepentingannya. “Keberhasilan KoinWorks Bank mencerminkan kemampuan kami untuk melaksanakan strategi perubahan dengan efektif. Sementara itu, prestasi LAT dalam mencapai profitabilitas tahun penuh pada 2023 menegaskan komitmen kami terhadap inovasi dan efisiensi dalam melayani UMKM," tambah Benedicto Haryono. Dengan mempertahankan fokus pada dampak dalam melayani UMKM, pendana, dan semua pengguna, KoinWorks memastikan bahwa profitabilitas yang diperoleh dapat memberikan dampak lebih dan dukungan yang bermakna bagi seluruh pengguna.


Tentang KoinWorks

Berdiri sejak tahun 2016, KoinWorks merupakan neobank terdepan di Indonesia yang berfokus pada pemberian kredit kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). KoinWorks berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan keuangan utama bagi UMKM di Indonesia, dengan memberdayakan UMKM yang kurang terlayani melalui pembiayaan yang berkelanjutan, sambil secara bersamaan memperkuat pengembangan finansial investor individu.

Komitmen terhadap inovasi dan keberlanjutan tercermin melalui solusi pembiayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan UMKM. Selain produk individual, KoinWorks berkolaborasi secara strategis dengan berbagai mitra dalam pembiayaan rantai pasokan dan model _buy now_, _pay later_, sehingga memperluas dampaknya ke seluruh ekosistem. Sebagai penyedia layanan keuangan, KoinWorks juga menawarkan berbagai solusi pendanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna individu untuk mendukung pengembangan kekayaan dan tujuan finansial.

Baca Juga: ADA EXTRA DISKON, Yuk Belanja ke Indomaret Terdekat Mumpung Ada Pasti Promo, Bango Kecap Manis Hanya Rp21.500

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah