LOWONGAN Kerja Magang di Jepang, Berapakah Gaji yang Didapat dan Cukupkah untuk Hidup Sebulan di Sana?

- 26 Januari 2023, 06:20 WIB
Berminat mengisi lowongan kerja magang di Jepang, harus tahu dulu gaji yang diperoleh apakah cukup untuk biaya hidup sebulan di sana?
Berminat mengisi lowongan kerja magang di Jepang, harus tahu dulu gaji yang diperoleh apakah cukup untuk biaya hidup sebulan di sana? /japanintership.com/

DESKJABAR – Setiap tahun jumlah pekerja magang asal Indonesia ke Jepang terus mengalami peningkatan. Tawaran lowongan kerja magang di Jepang  selalu mendapat antusias cukup tinggi.

Selain untuk memperoleh pengalaman kerja di perusahaan di Jepang, ternyata magang di negeri Sakura tersebut juga dibayar dan jumlahnya juga cukup menggiurkan

Pendapatan yang mereka peroleh ternyata tidak hanya dari gaji pokok, tetapi ada juga sumber lainnya, yakni tunjangan dan upah lembur.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Jepang, Disnaker Kabupaten Bandung Gelar Pelatihan Gratis, Catat Cara Daftar dan Persyaratan

Yang jadi pertanyaan, sebaga seorang pekerja magang, apakah pendapatan yang mereka peroleh akan cukup untukbiaya selama sebulan di Jepang. Sebab, baiasanya jangka waktu kerja magang berjalan bertahun-tahun.

Mengingat biaya hidup di Jepang dikenal sangat mahal, inilah yang harus diperhitungkan sebaik-baiknya dalam pengelolaan keuangan mereka.

Tujuan Magang di Jepang dan Berapa Lama?

Mengutip laman magangjepang.com, pemerintah Jepang menyelenggarakan program magang bagi para pekerja asing bertujuan untuk :

  • Transfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan di perusahaan kecil dan menengah di jepang.
  • Meningkatkan dan melatih sikap kerja dan kedisiplinan, dan etos kerja.
  • Meningkatkan kesejahteraan peserta magang di Jepang dari Indonesia.

Status magang ke Jepang sebagai trainee selama 1 atau 3 tahun atau lebih (maksimal 5 tahun), tergantung alternatif peserta  yang akan dipekerjakan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, industri manufacture / pabrik, konstruksi, garmen, perkapalan dan lainnya.

Dari tahun ke tahun, jumlah pekerja magang di Jepang terus mengalami peningkatan. Data imigrasi Jepang, pada 2019, jumlah pekerja magang asal Indonesia berada di posisi nomor 4 dibawah Vietnam, Filipina, dan China.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x