Keistimewaan dan Pentingnya Usia 40 Tahun Dituliskan Dalam Ayat Al Quran Yang Harus Dipahami

- 25 Januari 2023, 15:51 WIB
Keistimewaan seseorang di usia 40 tahun terhadap agama. /unsplash.com / nega
Keistimewaan seseorang di usia 40 tahun terhadap agama. /unsplash.com / nega /

DESKJABAR – Usia 40 tahun merupakan usia special dalam kehidupan setiap manusia karena menjadi usai terbaik juga memiliki keistimewaan yang tidak banyak orang mengetahuinya.

Seperti Allah SWT berfirman : “…apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada orang tuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridhai; berikanlah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada cucuku. Sesungguhnya ku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.”” ( QS. Al Ahqaf : 15)

Dalam ayat tersebut memberikan penjelasan mengenai keistimewaan usia 40 tahun yang pada usia inilah manusia mencapai puncaknya baik dari segi fisik, emosi, spiritual dan intelektual.

Baca Juga: Persib Bandung Dalam Kondisi Siap Tempur Lawan Borneo FC, Febri Haryadi dan Marc Klok Berpotensi Main

Usia 40 tahun menjadi usia dimana manusia benar-benar telah meninggalkan usia muda untuk melangkah ke usia dewasa yang sebenarnya.

Ayat dalam Quran surat Al Ahqaf tersebut terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh mereka yang sudah menginjak di usia 40 tahun atau lebih.

Dalam doa tersebut terkandung penjelasan bahwa mereka telah menerima nikmat yang sempurna.

Orang-orang yang telah menginjak usia 40 tahun cenderung akan fokus pada hal-hal positif dalam kehidupan terutama dalam menjaga kehidupan keluarga yang harmonis dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Pada ayat lain, Allah SWT berfirman : “ Apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang-orang yang berfikir. Dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan?.” (QS. Fathir : 37)

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi

Sumber: YouTube


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x