HARI INI, Hari Gizi Nasional, Inilah Sejarah dan Tema HGN Ke-63

- 25 Januari 2023, 13:25 WIB
logo dari hari gizi nasiolah yang mengangkat tema protein hewani cegah Stunting.
logo dari hari gizi nasiolah yang mengangkat tema protein hewani cegah Stunting. / instagram@stukabinahusada/

DESKJABAR - Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap 25 Januari, merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak.

Tentunya untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan yang berkelanjutan.

Gizi ibu hamil penting untuk mencegah stunting yang saat lahir yang sudah 23 persen. Kondisi stunting saat lahir dapat terjadi akibat kekurangan gizi dan anemia saat remaja sampai saat kehamilan.

Oleh karena itu asupan gizi pada ibu hamil sangat perlu dilakukan, karena sangat penting untuk mencegah ibu hamil kekurangan energi kronis dan anemia agar tidak melahirkan bayi stunting.

Baca Juga: 1300 Petugas PPS Dilantik Ketua KPU Kabupaten Bogor, Inilah Tugas dan Besaran Gaji Ketua dan Anggota PPS

Dengan mempertimbangkan permasalahan Stunting yang belum mencapai target, dan evidence bahwa konsumsi protein hewani berkorelasi mencegah Stunting.

Peringatan HGN ke 63 tahun 2023 mengangkat Tema “Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani.”

Gizi ibu menyusui penting untuk memastikan kualitas ASI yang menjadi satu – satunya sumber asupan gizi pada 6 bulan pertama untuk si bayi.

Tentunya dengan ASI esklusif atau ASI saja yang diberikan on demand. Bayi mendapat IMD atau Inisiasi Menyusui Dini, yang merupakan proses yang sangat penting untuk meningkatkan imunitas bayi.

Karena bayi memperoleh kolustrum yang kaya antibodi. Selain itu, IMD, juga dapat meningkatkan bonding ibu dan bayi.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Dinas Kesehatan Bandung


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x