Inilah 5 Amalan di Bulan Rajab yang Dapat Mengapuskan Segala Dosa serta Dapat Mengabulkan Segala Do'a

- 24 Januari 2023, 15:51 WIB
Bulan Rajab yang merupakan bulan penuh berkah dan dapat mengabulkan doa. / pixabay@Myriams-Fotos
Bulan Rajab yang merupakan bulan penuh berkah dan dapat mengabulkan doa. / pixabay@Myriams-Fotos /

DESKJABAR - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa. Oleh karenanya kita bisa melakukan beberapa Amalan Bulan Rajab untuk mendapatkan keutamaannya.

Bulan Rajab juga termasuk 4 bulan haram bersama dengan bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah, serta Muharram. Bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah ini dinamakan bulan Rajab karena bulan tersebut dimuliakan banyak malaikat dengan bacaan tasbih dan tahmid.

Bulan Rajab juga menjadi sangat istimewa karena pada bulan tersebut terjadi peristiwa Isra Miraj, dimana peristiwa ini sangat di muliakan.

Baca Juga: NASIB Tol Getaci Tahap 1, Belum Ada Kabar Pemenang Lelang Ulang, Bagaimana Kelanjutan Pembebasan Lahan Warga?

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk menyambut bulan Rajab dengan penuh kegembiraan dan penuh sukacita. Rasulullah SAW senantiasa memanjatkan doa bulan Rajab di bulan istimewa ini.

Amalan yang Harus Dilakukan di Bulan Rajab

1. Melakukan Puasa Rajab

Amalan Bulan Rajab yang pertama adalah berpuasa. Berpuasa di bulan Rajab merupakan sunnah. Rasulullah SAW selalu berpuasa di bulan Rajab.

Rasulullah pernah bersabda yang artinya "Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman ibn Hakim al-Anshari berkata, aku bertanya kepada Sa’id ibn Jubair tentang puasa rajab, padahal pada waktu itu di bulan rajab, dia menjawab, aku pernah mendengar Ibn Abbas berkata, Rasulullah saw berpuasa (rajab) terus hingga kami berkata, beliau tidak berbuka, dan (pada waktu yang lain) beliau berbuka hingga kami berkata, nabi tidak puasa.” (HR. Muslim).

2. Melakukan Banyak Istighfar

Bulan Rajab merupakan bulan permohonan ampun kepada Allah SWT. Melakukan banyak istighfar di bulan Rajab dianjurkan bagi setiap umat muslim untuk memohon ampun atas segala dosa–dosa yang telah diperbuat.

Tetapi alangkah baiknya bila di lakukan setiap hari tanpa mengenal bulan apapun itu, dimana keutamaan istighfar ini dapat menghapuskan setiap dosa yang telah kita perbuat mau di sengaja atau tidak disengaja.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x