Ini Dia, Tradisi Sambut Agustusan Di Indonesia. No 7. Sangat Ekstrim Dilakuan Orang Terlatih

- 11 Agustus 2022, 20:58 WIB
Tradisi Peresean yang ada di Kampung Duduk Sade, Lombok Nusa Tenggara Barat, Aceh. / Dicky Harisman
Tradisi Peresean yang ada di Kampung Duduk Sade, Lombok Nusa Tenggara Barat, Aceh. / Dicky Harisman /

DESKJABAR - Bagi seluruh bangsa Indonesia, perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah momen yang ditunggu-tunggu.

Ya Agustusan adalah pesta masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus. Dari tingkat RT- RW hingga ke tingkat nasional, semuanya gembira menyambut Agustusan.

Seluruh jalanan menjadi berwarna-warni dengan dekorasi bendera dan umbul-umbul menyambut Agustusan dengan pernak-pernik atribut khas dari Agustusan.

Baca Juga: Hongkong Tempat Destinasi Wisata, Keren, Hits, Instagramable, Keindahan Cahaya Terlihat dari Victoria Peak

Namun tahukah bahwa di berbagai daerah di Indonesia ini banyak masyarakat yang merayakan Agustusan dengan tradisi unik yang hanya ada di daerah mereka saja.

Berikut ini beberapa tradisi Agustusan yang ada di Indonesia untuk pembaca Deskjabar.

1.Peresean, Lombok

Bagi yang pernah datang ke Lombok Nusa Tenggara Barat biasanya datang ke Kampung suku Sasak baik Ende maupun Sade. Nah d i pemukiman Kampung Suku Sasak ini wisatawan biasanya disuguhi tradisi Peresean. Yaitu tradisi peperangan dengan mempergunakan alat dan tameng.

Pada bulan Agustus, biasanya diselenggarakan lomba Peresean yang menghadirkan pepadu-pepadu (jagoan) terkenal untuk adu ketangkasan.

Meskipun termasuk dalam kesenian tradisional yang ekstrim, Peresean memiliki pesan moral yang bukan hanya sekadar adu ketangkasan semata, lho! Acara ini mengandung makna persaudaraan dan sikap ksatria seorang laki-laki yang diuji melalui permainan ini.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x