Tata Cara Puasa Arafah, Niat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Ini

- 7 Juli 2022, 08:10 WIB
Ilustrasi jamaah haji. Pada tanggal 9 Dzulhijjah, jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Pada tanggal tersebut, kita yang tidak pergi haji bisa melaksanakan puasa Arafah.
Ilustrasi jamaah haji. Pada tanggal 9 Dzulhijjah, jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Pada tanggal tersebut, kita yang tidak pergi haji bisa melaksanakan puasa Arafah. /Instagram @hsharifain/

DESKJABAR - Tanggal 9 Dzulhijah menjadi hari puncak dari ibadah haji. Pada hari tersebut semua yang menunaikan ibadah haji berkumpul untuk melakukan wukuf di Arafah.

Tanggal 9 Dzulhijjah juga menjadi spesial bagi umat Islam yang belum mampu pergi haji, yaitu melakukan shaum atau puasa Arafah.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, Nabi Muhammad SAW menyebut tanggal 9 Dzulhijjah menjadi hari spesial untuk melakukan puasa Arafah.

Baca Juga: Berbeda dengan Puasa Biasa, Begini Cara Mengisi Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 2022 Menurut Ustadz Adi Hidayat

Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tersebut tayang pada video “Tanya Jawab Seputar Dzulhijjah SESI #2 - Ustadz Adi Hidayat” di kanal Adi Hidayat Official yang diunggah pada 23 Juli 2020.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa, umat Islam sebaiknya mengisi puasa Arafah dengan berdoa dan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat dan berpotensi dosa, setidaknya setahun ke belakang.

Dengan demikian, orang yang berpuasa Arafah akan melakukan seperti yang dilakukan oleh jamaah haji yang sedang wukuf di Arafah, yaitu mengevaluasi dan mengingat kesalahan-kesalahan yang dilakukan yang berpotensi dosa.

“Semua orang yang wukuf, otomatis akan memanjatkan doa kepada Allah, bermunajat dengan penuh kekhusyukan segala hajat kebaikan dunia dan akhirat," kata Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menganjurkan kita untuk memanjatkan doa yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 201 pada waktu yang bersamaan dengan saat jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.

Halaman:

Editor: Samuel Lantu

Sumber: webmuslimah.com zakat.or.id YouTube Adi Hidayat Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x