KAPAN Peringatan Isra Miraj 2022? Inilah Amalan Sunnah di Malam 27 Rajab yang Bisa Mengundang Pahala

- 26 Februari 2022, 21:05 WIB
Inilah amalan di malam 27 Rajab untuk memperingati Isra Miraj
Inilah amalan di malam 27 Rajab untuk memperingati Isra Miraj /maxpixel.net/

DESKJABAR – Bulan Rajab memiliki keutamaan yakni salah satu bulan mulia yang juga disebut sebagai asyhurul hurum atau bulan-bulan haram, dimana pada saat itu manusia dilarang (diharamkan) untuk berperang, kecuali dalam keadaan membela diri dan terdesak.

Di antara bulan Rajab ada malam istimewa yakni malam 27 Rajab yakni menjadi peringatan peristiwa mukjizat Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Kapan malam 27 Rajab tahun 2022 atau Isra Miraj? Melansir dari kemenag.go.id, malam 27 Rajab 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 28 Februari 2022.

Baca Juga: GALAU Punya Hajat Sebesar Gunung, Baca 1 Doa Ini Saat Sujud, Insya Allah Dikabulkan, Kata Ustadz Adi Hidayat

Ada amalan-amalan yang bisa dilakukan pada malam 27 Rajab yang bisa mengundang pahala, salah satunya memperbanyak istigfar.

Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam hari dari Mekah, Masjidil Haram, menuju Baitul Baqdis atau Masjidil Aqsa di Palestina. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke langit Sidratul Muntaha.

Sebelum mengetahui amalan-alaman sunnah yang bisa dilakukan pada malam 27 Rajab, alangkah baiknya juga mengenal bulan Rajab.

Bulan ini memiliki keuatamaan sebagai salah satu bulan mulia. Seperti firman Allah SWT dalam Surat At-Taubah Ayat 36 :

“Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn.

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS At-Taubah: 36)

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Oase.id orami


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah