Uang Hilang karena Tuyul atau Pengaruh Syaiton? Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah dan Cara Mencegahnya

- 25 November 2021, 15:08 WIB
Ustadz Khalid Basalamah menyebut pocong, kuntilanak, tuyul, dan sebagainya sebagai istilah dukun-dukun di Indonesia.
Ustadz Khalid Basalamah menyebut pocong, kuntilanak, tuyul, dan sebagainya sebagai istilah dukun-dukun di Indonesia. /YouTube/

DESKJABAR - Sebagian orang Indonesia percaya akan adanya mahluk ghaib seperti pocong, kuntilanak, tuyul, dan sebagainya, yang bergentayangan. 

Menanggapi hal itu, Ustadz Khalid Basalamah pun menyebutkan bahwa semua itu adalah istilah bagi syaiton atau setan yang dipakai oleh dukun-dukun di Indonesia.

Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tersebut terlontar dalam sesi tanya jawab saat ada pertanyaan dari seorang jamaah yang kemudian dikutip sejumlah kanal YouTube seperti SAP Channel, Kembali Islam Channel, Muslim Warriors, dan lain-lain.

Baca Juga: Di Hari Guru Nasional 2021, Dedi Mulyadi Terima Penghargaan Satyalancana Kebudayaan, Ini Pesannya untuk Guru

"Apakah termasuk sihir orang yang mencari pesugihan dengan memelihara tuyul dan babi ngepet. Sebenarnya ada nggak sih atau hanya cerita sinetron saja?" tanya jamaah tersebut.

"Wallahualam. Saya tidak pernah berinteraksi sama tuyul dan babi ngepet. Tapi semua bisa terjadi. Namanya kuntilanak, apalah, pocong. Semua itu istilah bagi syaiton yang dipakai oleh dukun-dukun di Indonesia, mungkin di negara lain ada istilah yang lain," tutur Khalid Basalamah.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, tuyul, pocong, babi ngepet ada di Indonesia kemungkinan karena bahasa. Istilah itulah yang kemudian diwariskan satu sama lain.

Menjawab pertanyaan apakah ada orang yang bisa melihat jin? Ustadz Khalid Basalamah menjawab bahwa itu semua khurafat, permainan syaiton.

"Ini yang menyesatkan manusia. Minimal supaya Anda akan percaya, oh ada. Sering dibuat acara di televisi seolah-olah setan menakutkan. Akhirnya menjadi takut, tambah jadilah setan itu," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Halaman:

Editor: Samuel Lantu

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X