Solo Exhibition By Ryan LH, Mengangkat Derajat Karat Jadi Art Foto

- 21 Mei 2024, 15:28 WIB
Ryan LH , fotografer lulusan Falkultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta 2003, mengatakan, 50 foto karat yang dipajang, merupakan hasil jepretannya dengan kamera handphone.
Ryan LH , fotografer lulusan Falkultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta 2003, mengatakan, 50 foto karat yang dipajang, merupakan hasil jepretannya dengan kamera handphone. /

DESKJABAR - Ada yang unik di tengah acara Solo Exhibition Ryan LH bertema Karat yang digelar di Galeri Cemara Jakarta Pusat. Lihatlah, di bagian tengah ruang pameran yang diberi judul _Reflectry So Far So Good_ itu, sang fotografer, Ryan LH, memamerkan sebuah bemo berkarat, tanpa badan. Bemo berkarat didisplay dengan pecahan cermin yang ditempel foto memperlihatkan bentuk mata, di sana juga ditempatkan seonggok rumput yang merambat sekeliling Bemo.

“Ini memang bukan semata-mata pameran foto, melainkan juga pameran instalasi yang memperlihatkan kekuatan karat dari kaca mata Ryan,” ungkap Kurator Dr. Ismet Zainal Efendi, S.Sn., M.Sn di tengah acara opening pameran yang digelar pada 19/5/2024.

Ryan LH , fotografer lulusan Falkultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta 2003, mengatakan, 50 foto karat yang dipajang, merupakan hasil jepretannya dengan kamera handphone.

Baca Juga: Golden Visa & KEK: Sinergi Pemerintah dan United In Diversity untuk Kebangkitan Ekonomi Berkelanjutan

Objek foto karat diambil pada bagian badan kereta api usang, yang tergeletak di gudang kereta bekas di Purwakarta, Jawa Barat.

“Motretnya kurang dari sehari, setelah dapat ijin Humas PT KAI. Sebetulnya, dari sisi waktu tidak cukup untuk mengumpulkan foto dijadikan pameran, tapi saya tak dapat restu lagi, ketika mengajukan ijin kedua,” ungkap Ryan diadapan 150 tamu, di antaranya puluhan suhu fotografer yakni Don Hasman, Arbain Rambey, Darwis Triadi, Dion Momongan dan lain-lain.


Memasuki Usia Karat

Reflectry terlihat sebagai hasil pemikiran mendalam Ryan LH tentang waktu, kondisi dan keberadaan dirinya untuk seni dan kehidupan.

“Karat seperti menjadi ilustrasi tentang perjalanan usia saya yang tahun ini memasuki angka 50 tahun. Sudah masuk usia karatan,” ungkapnya tergelak.

Pameran foto Reflectry yang digelar bertepatan dengan hari ulah tahun Ryan ke 50 ini, memperlihatkan ragam tekstur karat yang berlapis warna warni, dan memperlihatkan beragam imaji di mata yang melihatnya. Agak misterius, unik juga tidak umum.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah