Ziarah Makam Leluhur jelang Hari Jadi Ciamis Ke-382, Pj Bupati Engkus : Ciamis Harus Jaya di Era Modern

- 10 Juni 2024, 17:15 WIB
Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan ziarah ke salah satu makam leluhur, Senin 10 Juni 2024.
Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan ziarah ke salah satu makam leluhur, Senin 10 Juni 2024. /Diskominfo Ciamis/

DESKJABAR - Dua hari menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 382 Rabu, 12 Juni 2024, serangkaian kegiatan pokok dilakukan Pemkab Ciamis diantaranya ziarah ke makam-makam leluhur Bupati Galuh Ciamis terdahulu Senin, 10 Juni 2024.

Ziarah ke makam-makam leluhur merupakan upaya menghormati dan mengenang jasa para leluhur yang telah berperan dalam membentuk sejarah dan identitas Tatar Galuh Kabupaten sekaligus sebagai penghormatan kepada leluhur yang telah berjasa sekaligus merawat nilai-nilai luhur yang telah diajarkan.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Ciamis, ziarah ke makam-makam bupati dilaksanakan di enam lokasi di Wilayah Kabupaten Ciamis diawali dengan mengunjungi makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635 – 1678), yang merupakan Bupati pertama di Ciwahangan Girang, Desa Imbanagara, Ciamis.

Baca Juga: Isak tangis Warnai Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas 6 SDN Galunggung Tasikmalaya

Pj. Bupati Ciamsi Engkus Sutisna didampingi Sekda Ciamis H. Andang Firman Triyadi, unsur Forkopimda Ciamis, pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat lainnya melakukan doa sekaligus tabur bunga.

Ciamis harus berjaya

Dari kegiatan itu, Pj Engkus berharap masyarakat di Kabupaten Ciamis dapat mencontoh dan meneladani perjuangan serta nilai-nilai positif para leluhur yang kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mudah-mudahan saya dan seluruh masyarakat Ciamis pada umumnya bisa mencontoh dari berbagai segi, baik kepahlawanannya, perjuangannya, religinya serta nilai- nilai positif lainnya," ujar Engkus.

Selain itu, ia juga berharap kejayaan yang pernah dicapai para leluhur Galuh pada zaman dahulu dapat menjadi motivasi untuk mengembalikan kejayaan tersebut di era modern seperti saat ini.
"Kalau dulu Galuh pernah berjaya, maka Ciamis juga harus jaya di era moderen ini," kata Engkus.

Rangkaian ziarah

Usai ziarah di makam leluhur bupati pertama, rombongan kemudian melanjutkan ziarah ke lokasi kedua di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814 – 1819), yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis.

Halaman:

Editor: Dindin Hidayat

Sumber: ciamiskab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah