BERAPA LUAS Lahan Tol Getaci yang Sudah Dibebaskan? Desa 107 Tahun Ini Lahannya yang Tergusur Paling Luas

- 7 Juni 2024, 10:00 WIB
Berapa luas lahan yang sudah dibebaskan untuk proyek Tol Getaci?
Berapa luas lahan yang sudah dibebaskan untuk proyek Tol Getaci? /dok BPJT/

DESKJABAR – Meski kepastian lelang ulang proyek Tol Getaci ruas Gedebage hingga Ciamis belum jelas, namun pembebasan lahan tetap  jalan terus. Kemajuan proses pembebasan lahan akan diketahui dengan seberapa lahan yang sudah dibayarkan uang ganti ruginya. Hal yang menarik, ada desa yang telah berusia 107 tahun, yang tercatat sebagai desa dengan lahan terluas yang tergusur proyek jalan tol tersebut.

Saat ini fokus pembebasan lahan proyek Tol Getaci masih di ruas Gedebage, Kota Bandung hingga Garut utara di Kecamatan Banyuresmi. Ruas ini membentang sepanjang 44,85 kilometer yang akan melewati sebanyak 45 desa. Rute jalan tol akan melewati tiga wilayah yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut.

Baca Juga: TAK Semua HP Kompatibel untuk Transaksi Tol Nirsentuh MLFF, Apakah HP OPPO dan Xiaomi Bisa Digunakan?

Pembebasan lahan Tol Getaci tidak terganggu di tengah belum ada kepastian jelas tentang kapan lelang ulang proyek jalan tol pertama yang menyasar ke wilayah Priangan Timur akan dilaksanakan.

Terbaru, pada pekan depan akan dilaksanakan musyawarah bentuk ganti kerugian atau musyawarah UGR di Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Dalam pertemuan tersebut akan menyepakatai besaran dan bentuk ganti rugi.

Jika tahapan ini sudah disepakati maka akan masuk tahapan terakhir yakni pembayaran UGR atau uang ganti rugi.

Sementara itu, hingga Jumat, 7 Juni 2024 belum ada kabar terbaru dari Badan Pengawas Jalan Tol atau BPJT mengenai langkah selanjutnya, setelah 2 konsorsium yang mendaftar ikut lelang ulang Tol Getaci dinyatakan tidak lolos di tahapan prakualifikasi.

Kedua kosorsium yang dinyatakan tidak lolos di tahapan ptakualifikasi itu adalah :

  • Konsorsium PT Trans Persada Sejahtera-PT Wiranusantara Bumi
  • Konsorsium PT Daya Mulia Turangga-PT China State Construction Overseas Development Shanghai

Pembebasan Lahan Tol Getaci Belum Separuhnya Rampung

Guna pembangunan kontruksi Tol Getaci segmen Gedebage hingga Garut utara di Kecamatan Banyuresmi sepanjang 44,85 kilometer, dibutuhkan lahan total seluas 678,79 hektar. Kebutuhan lahan seluas itu diperoleh dengan menggusur lahan dari 45 desa, termasuk di antaranya 27 desa di Kabupaten  Bandung.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah