Pabrik Teh Tambaksari Subang PTPN I, Bangunan Bersejarah Ikon Kawasan Tambakan

- 20 Mei 2024, 11:49 WIB
Bangunan pabrik teh Tambaksari, Subang PTPN I Regional 2.
Bangunan pabrik teh Tambaksari, Subang PTPN I Regional 2. /Kodar Solihat/DeskJabar

DESKJABAR – Bangunan pabrik teh Tambaksari, Subang, PTPN I, merupakan bangunan bersejarah yang berada di tepian jalan raya perkebunan teh di daerah Tambakan, menuju ke arah perkotaan Subang.

Unit pabrik teh Tambaksari sebenarnya merupakan hasil pembangunan kembali tahun 1980-an, namun berada pada lokasi sama dengan pabrik lama peninggalan perusahaan perkebunan eks Inggris, P&T Lands. Pabrik teh Tambaksari juga menjadi salah satu ikon daerah Tambakan, yang merupakan gerbang kawasan sejuk jalur Tambakan-Ciater.

Pabrik teh Tambaksari kini dikelola PTPN I Regional 2, yang merupakan pengubahan dari PTPN VIII. Tetapi ketika berita ini dibuat, sedang dilakukan kerjasama operasional dengan petusahaan swasta.

Dahulunya, pabrik teh Tambaksari semula bernama pabrik teh Tambakan sama dengan kawasan perkebunan Tambakan. Namun, nama pabrik teh dan perkebunan Tambakan diubah namanya menjadi Tambaksari ketika zaman PTP XIII sekitar tahun 1970-an-1980an lalu, juga dilakukan tambahan ornamen bagian atap.

 Baca Juga: 6 Pabrik Teh PTPN I di Jawa Barat kini Dikelola Swasta Melalui KSO

Suasana masa kini

Pada Sabtu, 19 Mei 2024, bangunan pabrik teh Tambaksari dilakukan perbaikan, agar kondisinya tetap baik. Tampak bangunan tersebut sedang dicat kembali, dan diperbaiki pada sejumlah bagian, tampaknya agar tetap awet.

Menurut personel PTPN I Kebun Ciater selaku pengelola pabrik teh Tambaksari, Hendra, yang dikonfirmasi DeskJabar, Senin, 20 Mei 2024, pabrik teh Tambaksari diperbaiki sifatnya hanya perbaikan biasa.

Perbaikan dilakukan misalnya, memoles cat yang sudah uzur usianya warna catnya dan memperbaiki sedikit tiang atau dinding yang kelihatan sudah kurang baik. “Perbaikan dilakukan tanpa  menghilangkan ciri bangunan lama,” ujar Hendra.

 Baca Juga: Pabrik Teh PTPN I Gunung Mas, Puncak Bogor Segera Dihidupkan Lagi, Dukung Wisata Agro

Halaman:

Editor: Kodar Solihat

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah