HOREE…! Gerbang Tol Gedebage akan Difungsikan Sebelum Agustus 2024, Nantinya Terintegrasi dengan Tol Getaci

- 20 Mei 2024, 07:00 WIB
Gerbang Tol Gedebag di KM 149 Tol Padaleunyi segera dibuka lagi sebelum Agustus 2024.
Gerbang Tol Gedebag di KM 149 Tol Padaleunyi segera dibuka lagi sebelum Agustus 2024. /bpjt.pu.go.id/

DESKJABAR – Setelah ditutup sejak 1 Januari 2024, gerbang tol Gedebage di KM 149 ruas Tol Padaleunyi akan segera difungsikan lagi. Diharapkan pintu tol ini akan bisa kembali beroperasi sebelum Agustus 2024.

Apalagi dalam rencana pembangunan di wilayah Gedebage, nantinya gerbang tol Gedebage di KM 149 dan KM 151 ini akan terintegrasi dengan Tol Getaci atau Tol Gedebage-Ciamis, yang saat ini masih dalam tahap prakualifikasi lelang.

Baca Juga: INILAH Proporsi dan Jadwal PPDB SD SMP SMA 2024 Kota Bandung, Akses PPDB sudah Diluncurkan

Nantinya di area gerbang tol Gedebage akan dibangun Junction Gedebage yang menjadi titik awal Tol Getaci. Junction ini nantinya yang menjadi penghubung Tol Getaci dengan Tol Padaleunyi, dan BIUTR ke kawasan Gedebage.

Bagi warga di Kota Bandung, keberadaan gerbang tol Gadebage dinilai sangat membantu, terutama bagi warga yang akan ke wilayah Bandung Timur, seperti ke daerah Cibiru, Ujungberung, atau area Metro, serta kawasan Gedebage, harus melalui sejumlah titik kemacetan.

Apalagi Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa Pemkot Bandung memiliki rencana untuk pengembangan wilayah Bandung timur, di antarana pengembangan kawasan Gedebage. Sehingga membutuhkan akses jalan cepat.

Seperti diketahui, gerbang tol Gedebage ditutup sejak 1 Januari 2024. Dalam Instagram resminya @official.jasamarga yang dipublish akhir Desember 2023 memposting alasan penutupan gerbang tol Gedebage.

“Sehubungan dengan rencana pekerjaan perbaikan jembatan pada akses keluar/masuk Km 149 Jalan Tol Padaleunyi, serta memastikan keselamatan pengguna jalan tol dan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR melalui surat No. BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023, maka Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Jalan Tol Padaleunyi akan melakukan penutupan sementara akses keluar/masuk Km 149 Jalan Tol Padaleunyi mulai Senin 1 Januari 2024 pukul 22.00,” demikian isi postingannya.

Pengembangan Kawasan Gedebage

Kabar rencana pembukaan kembali gerbang tol Gedebage di KM 149 ruas Tol Padaleunyi itu dikemukakan Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin, saat meresmikan Simpang Gedebage Selatan pada Minggu, 19 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah