Dapros Kerupuk Legend Buatan Enen dari Kadungora Garut, Pemasarannya Tembus Jawa Barat, Banten hingga Lampung

- 19 Mei 2024, 09:30 WIB
Enen sang pengusaha kerupuk Dapros dari Garut saat membalik-balikan jemuran kerupuknya di Kampung Panyaweran, Desa Gandamekar Kadungora Garut, Sabtu 18 Mei 2024.
Enen sang pengusaha kerupuk Dapros dari Garut saat membalik-balikan jemuran kerupuknya di Kampung Panyaweran, Desa Gandamekar Kadungora Garut, Sabtu 18 Mei 2024. /Dicky Harisman/DeskJabar.com/


DESKJABAR
– Bagi yang sering lalu lalang ke Kota Garut dari arah Bandung tentunya sering melihat pemandangan khas di kiri jalan, yaitu hamparan jemuran kerupuk  Dapros mentah dengan warna-warni yang sangat cantik.

Jemuran kerupuk yang dikenal dengan nama kerupuk Dapros ini berada di Kampung Panyaweran, Desa Gandamekar, Kadungora Garut ini, tak jauh dari rumah Pak Enen sang pengusaha kerupuk Dapros.

Saat ditemui DeskJabar.com di rumahnya Sabtu 18 Mei, Pak Enen beserta seluruh keluarganya tengah produksi kerupuk Dapros.

Menurut Enen, untuk memproduksi kerupuk Dapros biasanya dilakukan atas kesepakatan keluarganya di kala banyak anggota keluarga dari anak, menantu hingga cucu ada di rumah.

Baca Juga: Bojan Hodak dan Ciro Alves Sebut Rahasia Sukses Persib Bandung ke Final, Usai Kalahkan Bali United FC

27 tahun lalu

Karena perusahaan kerupuk Dapros yang telah dia bangun sejak 27 tahun lalu dilakukan oleh keluarga besarnya.

“Anak dan cucu saya banyak yang bisa membuat kerupuk Dapros dengan cara belajar dari saudaranya yang lebih dulu bisa,” ujar Enen.

Enen dan istrinya yang masih turun mengerjakan pembuatan, penjemuran hingga pengemasan kerupuk mengaku ordernya kini semakin meluas. 

Beberapa kota di Jawa Barat hingga ke Banten dan Lampung banyak yang menjadi pelanggan kerupuknya.

Baca Juga: Kementerian PPPA Sebut, Study Tour Hak Anak Dapatkan Pendidikan di Luar Sekolah

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah