PEMKOT Bandung Siapkan 8 Wilayah Perencanaa dalam Rencana Tata Ruang 2024-2044, Termasuk untuk Ekonomi Kreatif

- 15 Mei 2024, 15:00 WIB
Pj Walikota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memaparkan RTDR Kota Bandung 2024-2044 di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Selasa 14 Mei 2024.
Pj Walikota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memaparkan RTDR Kota Bandung 2024-2044 di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Selasa 14 Mei 2024. /bandung.go.id/

DESKJABAR – Pemkot Bandung telah mengajukan Rencana Detail Tata Ruang (RTDR) untuk periode 2024-2044. Dalam ajuan rencana tata ruang Kota Bandung tersebut, mereka telah menyiapkan 8 wilayah perencanaan (WP) atau daerah pertuntukan.

Dari 8 WP yang diajukan tersebut, salah satunya yakni WP Ujungberung nantinya diperuntukan sebagai pusat pelestarian budaya Sunda dan pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

Baca Juga: KEMENTERIAN AGAMA Minta Masyarakat Cek Ulang Arah Kiblat pada 27 dan 28 Mei, Ada Apa Gerangan?

Pj Walikota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengemukakan bahwa ajuan RTDR Kota Bandung periode 2024-2044 tersebut dimaksudkan guna mewujudkan ruang wilayah aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan serta meningkatkan investasi di wilayah Kota Bandung.

Hal itu dipaparkan Bambang Tirtoyuliono langsung dihadapan Plt. Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Gabriel Triwibawa pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor RDTR - Pembahasan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Mei 2024.

Rakor ini digelar untuk  menindaklanjuti surat Pj Wali Kota Bandung, perihal permohonan persetujuan substansi rancangan peraturan kepala daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bandung 2024-2044.

Mengutip dari laman bandung.go.id, Bambang mengatakan rencana tata ruang Kota Bandung cukup strategis karena ada Rencana Tata Ruang Kawasan Cekungan Bandung. Hal ini merupakan amanat yang harus diterjemahkan dalam rancangan RDTR.

"Kota Bandung berada di kawasan Cekungan Bandung dan merupakan Kota Inti dari Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung dengan berbatasan dengan Kota Cimahi, KBB, Kab Bandung. Menurut kami tentunya harus kita siapkan dengan baik dan telisik," kata Bambang.

Siapkan 8 Wilayah Perencanaan

Dalam paparannya Pj Walikota Bandung itu mengatakan bahwa dalam rancangan RDTR, wilayah Kota Bandung dibagi menjadi 8 Sub Wilayah Kota (SWK). Masing-masing SWK dibagi lagi ke dalam Wilayah Perencanaan (WP) dalam RDTR. Setiap WP terdiri atas beberapa blok perencanaan.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah