JEJAK Perjalanan Proyek Tol Getaci, Diprotes Jabar, Keterlibatan Perusahaan Malaysia, Hingga Perubahan Rute

- 18 Maret 2023, 07:29 WIB
Lokasi rencana Junction Gedebage yang menghubungkan tol Getaci dengan BIUTR . Proyek ini semula bernama Tol Cigatas dan sempat diprotes Pemprov Jabar
Lokasi rencana Junction Gedebage yang menghubungkan tol Getaci dengan BIUTR . Proyek ini semula bernama Tol Cigatas dan sempat diprotes Pemprov Jabar /YouTube WPS Channel/

DESKJABAR – Proyek jalan Tol Getaci memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang untuk bisa terwujud pembangunannya. Proyek yang awalnya bernama Tol Cigatas akhirnya berubah sejalan dengan adanya perubahan rute. Pemprov Jabar sendiri pernah mengajukan surat keberatan kepada Kementerian PUPR terkait proyek ini.

Semula rute jalan tol ini adalah Cileunyi-Garut-Tasik atau Tol Cigatas, namun sejalan dengan perubahan proyek, terutama setelah masuk Proyek Strategis Nasional, proyek ini menjadi proyek jalan tol yang akan menjangkau hingga ke Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga: DAFTAR Desa yang Sudah Menerima UGR Tol Getaci Serta Jumlah Uang Ganti Rugi yang Telah Digelontorkan

Perubahan juga dilakukan dalam hal titik awal tol ini yang semula di Cileunyi dipindah ke kawasan Gedebage, Kota Bandung. Dengan rute Gedebage-Garut-Tasik-Ciamis-Cilacap yang dikenal sebagai Tol Getaci.

Jalan tol ini menjadi penting dan sangat diimpi-impikan masyarakat  dan Pemprov, karena inolah jalan tol pertama yang akan mengarah ke Jabar selatan.

Adapun pemrakarsa proyek tol ini pada awalnya adalah gabungan Jasa Marga dengan perusahaan asal Malaysia. Saat ini, proyek Tol Getaci baru dalam pembebasan lahan, sementara lelang ulang dilakukan antara April atau Mei 2023.

Diprotes Pemprov Jabar

Sekda Jabar saat masih dijabat Iwa Kartika, menyebutkan bahwa studi kelayakan proyek Tol Cigatas sudah dilakukan sejak 2015 dan selesai pada tahun 2016. Namun sayangnya poyek ini tidak masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2017.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah