Pembangunan Tol Getaci, Kementan Berharap Irigasi Pertanian Diperhatikan Lancar

- 27 Februari 2023, 07:47 WIB
Kementan berharap rencana pembangunan jalan tol Getaci tetap memperhatikan perencanaan yang baik untuk kelancaran irigasi pertanian. Foto menggunakan listruasi pembangunan jalan tol Kayu Agung, Palembang, Betung.
Kementan berharap rencana pembangunan jalan tol Getaci tetap memperhatikan perencanaan yang baik untuk kelancaran irigasi pertanian. Foto menggunakan listruasi pembangunan jalan tol Kayu Agung, Palembang, Betung. /Instagram @pupr_bpjt

DESKJABAR – Rencana pembangunan jalan tol Getaci memunculkan harapan tetap memperhatikan kelancaran irigasi pada jalur dilintasi. Pihak Kementan optimis bahwa saluran pengairan pada lahan pertanian terlintasi diperhatikan lancar. 

Rencana pembangunan jalan tol Getaci juga memunculkan kekhawatiran masyarakat petani, yang sawahnya bakal terlintasi dampaknya soal saluran air. Mereka khawatir saluran irigasi tidak terencana baik, sehingga beresiko tergenang ketika musim hujan atau kekeringan ketika kemarau.

Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) Kementerian Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi, yang dimintai tanggapan oleh DeskJabar.com, di Bandung, Sabtu, 25 Februari 2023, optimis pembangunan tol Getaci untuk saluran irigasi ada perencanaan yang baik.

 Baca Juga: Masjid Al Jabbar Bandung Ditutup Sementara Selama Dua Pekan

Berharap diantisipasi dengan baik

Dedi Nursyamsi juga tidak menampik, bahwa setiap ada pembangunan infrastruktur baik jalan tol, bandara, dsb, sering muncul kekhawatiran dari kalangan petani dan masyarakat soal perencanaan saluran pengairan atau irigasi apakah baik atau tidak.

“Kementan mengacu kepada Undang-undang no.41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Semoga pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan tol Getaci pun sudah diantisipasi dengan baik dampaknya terhadap irigasi pertanian,” ujar Dedi Nursyamsi, sesuai pemantauan harga dan ketersediaan komoditas pokok di Pasar Sederhana Bandung.

Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) Kementerian Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi, ketika melakukan pemantauan komoditas pokok di Pasar Sederhana Bandung, Sabtu, 25 Februari 2023.
Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) Kementerian Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi, ketika melakukan pemantauan komoditas pokok di Pasar Sederhana Bandung, Sabtu, 25 Februari 2023. Kodar Solihat/DeskJabar

Ia pun mengatakan, pada dasarnya pembangunan infrastruktur dilakukan pemerintah untuk kepentingan umum. Termasuk jalan tol, bandara, dsb, walau berdampak alihfungsi lahan-lahan pertanian, termasuk tol Getaci menghubungkan Gedebage Bandung dan Tasikmalaya dengan Cilacap.

Halaman:

Editor: Kodar Solihat

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x